RSS

Nasehat Pernikahan – 1

12 Feb

Nasihat ini mengajarkan pada calon suami-istri untuk bisa mempelajari kenyataan hidup bahwa kebahagiaan bahtera rumah tangga hanya bisa digapai dengan pergaulan yang baik dan lemah lembut antar keduanya. Pergaulan yang baik akan mampu menghantarkan pasangan suami intri kepada masa – masa bahagia dan kehidupan yang menyenangkan.

Nasihat Untuk Calon Istri

Jagalah kemuliaanmu. Jangan pernah kamu menyakiti ayah dan ibumu. Bila kau menikah, maka hormatilah suamimu dan hargailah ucapannya. Jaga kehormatan suamimu karena engkau adalah laksana pakaian baginya yang mampu menampakkan kebaikannya dan menutupi kekurangannya. Pergunakanlah waktu kedatangannya dari pekerjaannya. Jadilah kau orang yang menyenangkannya dengan senyum dan kasih sayangmu padanya. Jangan pernah kau durhaka pada suami dalam keadaan apapun, khususnya di saat ia sedang dalam kondisi sulit. Ingatlah, wanita dikatakan sebagai golongan yang paling mudah mendapatkan surga sekaligus paling mudah mendapatkan bagian neraka. Mudah baginya memasuki surga karena dia hanya perlu berbuat kebaikan dan taat kepada suaminya dan mudah baginya mendapat balasan neraka apabila ia mendurhakai dan menghina suaminya sendiri. Oleh karenanya, peluang inilah yang harus kau rebut dengan taat dan menghargai suamimu. Keras kepala dari kedua belah pihak hanya bisa diselesaikan dengan pemutusan hubungan suami isteri dan itu sangat tidak baik untukmu. Edifikasikan keluarganya dengan semua yang baik. Hormatilah ibunya dan ketahuilah bahwa ia tetap menjadi ibunya walau ia kini telah menjadi suamimu. Allah telah mewajibkan suamimu untuk tetap taat kepada ibunya dan mencintainya dengan tulus sebagaimana kelak anak keturunanmu pun diwajibkan hal yang sama terhadapmu. Hormati pula ayahnya dan jadikanlah ia laksana ayahmu.

Anak – anakmu adalah bagian dari tubuh dan darahmu. Jadikanlah prioritas utamamu untuk dapat merawat mereka dengan penuh kasih. Jadikanlah pula mereka generasi yang bahagia dan mencintai negerinya dan keluarganya. Engkau adalah ratu di rumahmu dan kau mengendalikan kerajaan kecil di rumahmu. Karenanya siapkanlah kemampuan hingga kau mampu menanggung amanat tersebut dan kaupun kelak mendapatkan keridhoan Ilahi.

Nasihat Untuk Calon Suami

Jadilah kau raja di rumahmu. Cintailah isterimu dengan tulus dan jadikanlah ia sebagai ratumu. Buat ia bangga menjadi permaisuri di kerajaanmu dengan berlandaskan cinta kasih dan ketaatan kepada Allah SWT. Berikanlah dirinya makanan yang cukup dan persembahkan untuknya beragam jenis pakaian. Belikan untuknya minyak wangi karena wanita menyukai minyak wangi. Buatlah dirinya bahagia selama kau hidup dan berilah nafkah yang baik dan halal untuk isteri dan anak – anakmu.

Sesungguhnya seorang istri laksana cermin bagi suaminya dan menjadi bukti akan apa yang diusahakannya dalam mencapai kebahagiaan ataupun kesengsaraan. Engkau adalah laksana pakaian baginya yang mampu menampakkan kecantikan diri dan pribadinya serta menutupi setiap kekurangannya. Jangan terlalu keras dalam rumah tanggamu karena isteri diciptakan dari tulang rusukmu, bagian dari dirimu. Tulang rusuk berada di tempat yang terlindung sehingga isterimu pun ada untuk kau lindungi. Sebagaimana tulang rusuk yang bengkok, berwasiatlah yang baik terhadap isterimu karena jika engkau keras dalam meluruskan maka ia akan patah dan jika engkau biarkan maka selamanya ia akan bengkok.

Engkau adalah imam dan pemimpin dalam keluarga sehingga berilah contoh yang baik. Sikap lemah lembut akan mampu menggetarkan hati wanita disaat ia melakukan suatu kesalahan ataupun saat ia melakukan satu perbuatan buruk. Berikanlah apapun yang diinginkannya selama kau mampu mewujudkannya. Berikan pula padanya kesenangannya hingga ia pun akan menyenangkanmu dan membuatmu bahagia. Bila tidak demikian maka hidupmu akan hancur berantakan. Dekatkan dirimu kepadanya dan panggillah dirinya dengan panggilan yang menyenangkan. Ingatlah, sebaik apapun istri yang Allah kirimkan untukmu, kalau pikiranmu sibuk membayangkan tentang kekurangannya maka engkau akan dapati kekurangan dan keburukan sebanyak yang engkau sanggup untuk mencatatnya. Akan tetapi jika engkau menyibukkan diri melihat kelebihan dan kebaikannya, maka engkau akan dapati kebaikan sebanyak yang ada pada dirinya dan itu akan membahagiakan hidupmu. Oleh karena itu, hormatilah dirinya dan tunjukkanlah rasa kasih sayangmu yang konsisten.

Disamping itu, sayangi dan hormati orang tuanya sebagaimana orang tuamu sendiri. Kemudian jangan sekali – kali membuat ibumu marah kepadamu karena rintihannya akan langsung didengarkan oleh Allah dan kaupun akan mendapatkan hukuman – Nya.

*) sekadar update blog, sumber dari sini

About these ads
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Februari 2009 in artikel pilihan

 

11 responses to “Nasehat Pernikahan – 1

  1. Yani

    13 Februari 2009 at 10:46 am

    Jazakumullah khoiron katsir pak nasruni,ana copy ya :) moga makin melimpah karunia jiwa untuk meraih RIDHONYA dalam pernikahan

     
  2. wi3nd

    13 Februari 2009 at 12:41 pm

    copass la9i ya nAs..:)

    kalu sajah setiap pasan9an seperti hal tsb diatas,indah sekali yaa..

    ** insya allah,aku akan melaksanakannya..amieennnn

     
  3. cita-cita

    14 Februari 2009 at 1:47 pm

    subhanallah….
    terima kasih nasihatnya

    semoga kita semua dimudahkan oleh Alloh swt untuk menjadikan keluarga kita semua penuh dengan Rahmat dan barokahnya.

    Insya Alloh, kita semua akan berusaha mencapainya.

    Robbanaa Hablanaa min azwaa jinaa wa dzurriyyatina qurrota a’yuun.
    waj’alnaa lil muttaqiina imamaa. Aamiin

     
  4. layanglayang

    16 Februari 2009 at 9:37 am

    jadi inget..

    ridho Allah atas seorang istri, ada di suaminya,
    dan ridho Allah atas seorang suami, ada di ibunya.

    subhanallah..

     
  5. mayapuspitasari

    17 Februari 2009 at 2:29 pm

    Insya Allah akan berusaha menjalankannya a.. agar suami ridha, sehingga Allah pun ridha.. Amiin..

     
  6. fahma

    18 Februari 2009 at 2:48 pm

    asw…boleh ngopy ya mas yg 1 n 2 nya…

    moga pernikahannya di berkahi olh Allah…

    *barokallahulaka wa baroka ‘alaika…wajama’abainakuma fii khair*…

     
  7. lindo

    20 Februari 2009 at 4:26 pm

    PD ya..buat posting tentang pernikahan,padahal nas nya masih jomlo abis..he…he…

     
  8. rifkah

    26 Oktober 2009 at 5:02 pm

    semoga dgn adax nasihat ini,para calon suami dan istri akan menjadi RT yg mawaddah wa rohmah dan senantiasa di berkahi ALLAH s.w.t.amiinn
    jazakallah atas nasihatx

     
  9. melliana

    15 November 2009 at 1:47 pm

    ehm,, ana copy y,,
    jazakillah,,

     
  10. Toko Buku Online

    28 November 2009 at 3:49 am

    Mata berkata buta,

    Sekata seakan tak semakna,

    Seluruh hati dan jiwa,

    Hanya selalu dirantai tanda tanya

     
  11. dessy

    2 Januari 2010 at 11:16 pm

    Asslm

    Ana copy ya akhi

    Jazakallah

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: