RSS

Info Dunia Islam 01

11 Agu

Kita hidup tidak sendiri, kita hidup bersama seluruh umat muslim di dunia, maka kita juga harus membuka mata terhadap apa yang terjadi di “luar” sana. Begitu banyak media yang mengangkat berita-berita tentang mereka, tapi terkadang karena kesibukan kita menjadi tidak sempat “menengoknya”. Mulai saat ini, blOg ini akan coba merangkum sedikit dari berita-berita tersebut, yang dikutip dari berbagai media. Semoga bermanfaat.

Tolak Berhadapan dengan atlet Israel, Atlet Renang Iran Mundur dari Pertandingan

Senin, 11 Agsts 08, eramuslim.com

Atlet renang asal Iran mundur dari kompetisi renang gaya dada 100 meter di ajang Olimpiade, hanya beberapa menit sebelum pertandingan dimulai. Muhammad Alirezaei, perenang asal Iran itu menyatakan mundur setelah mengetahui salah satu lawannya adalah Tom Beeri, atlet renang asal Israel.

Beeri tidak mau berkomentar atas keputusan atlet renang Iran dan ia menyatakan masalah ini sama sekali tidak membutnya gugup. “Tidak masalah buat saya, saya malah harus gembira dan saya akan memfokuskan diri untuk jarak 200 meter, ” kata Beeri.

Sejak revolusi Islam di Iran tahun 1979, berbagai laporan menuliskan bahwa Iran akan menolak berkompetisi jika harus berhadapan dengan atlet Israel dalam berbagai kesempatan pesta olahraga dunia Olimpiade. Terkait pengunduran diri atlet renangnya, Komite Nasional Iran untuk Olimpiade mengatakan, sepanjang situasinya “tidak berhadap-hadapan” secara langsung, atlet Iran boleh ikut berkompetisi.

“Alirezei menempati lajur nomor satu dan wakil dari Zionis menempati lajur nomor tujuh, jadi mereka tidak saling berhadapan, ” kata Sekretaris Komite Ali Kafshian.

Organisasi-organisasi olahraga Iran, menurut kantor berita ISNA, juga menyatakan tidak ada boikot dalam ajang Olimpiade Beizing. Sehingga hampir bisa dipastikan pengunduran diri Alirezaei atas inisiatifnya sendiri. (ln/mol)

Tentara Philipina Serang Pejuang Muslim MILF

Senin, 11 Agsts 08, eramuslim.com

Ribuan warga Aleosan dan Pikit, dua kota di selatan Filipina mengungsi setelah militer negeri itu melakukan serangan terhadap para pejuang dari Moro Islamic Liberation Front (MILF) di kawasan tersebut.

Menurut pihak pemerintah Filipina, pasukan militer melakukan serangan pada hari Minggu (10/8) karena ratusan pejuang MILF menolak ultimatum yang mengharuskan mereka menarik diri dari desa-desa yang dihuni oleh warga Kristiani sehingga terjadi pertempuran.

Komandan Batalion Infantri ke-40 Kolonel Diosdado Carreon mengatakan, sedikitnya enam tentara Filipina luka-luka dalam insiden di Aleosan dan Pikit, dua kota di pedalaman provinsi Cotabato Utara. Sementara itu, radio milik gereja Katolik DXMS melaporkan, tiga tentara Filipina dan sejumlah pejuang MILF tewas dalam batu tembak.

Akibat serangan militer Filipina yang memicu perlawanan para pejuang MILF, lebih dari 100.000 warga desa di Utara Cotabato mengungsi. “Kami belum sepenuhnya pulih dari bencana alam yang menimpa kami belum lama ini, dan sekarang kami sudah ditimpa bencana lain akibat ulah manusia, ” kata Jesus Sacdalan, gubernur Cotabato.

Ia menuding para pejuang MILF telah merampas beras-beras hasil panen warga desa, mencuri ternak-ternak mereka, merusak lahan pertanian dan membakar 82 rumah di desa-desa yang dikuasai para pejuang MILF selama beberapa pekan terakhir.

Pemerintah Filipina memberi tenggak waktu tanggal 9 Agustus bagi sekitar 800 sampai 1000 pejuang MILF yang masih berada-berada di desa-desa warga Kristen untuk keluar. Pemerintah Filipinan menganggap MILF telah melanggar kesepakatan gencatan senjata tahun 2003 dengan menguasai desa-desa tersebut.

Para pimpinan MILF sudah memerintahkan para pejuangnya untuk mundur setelah melakukan negosiasi dengan pejabat pemerintah Filipina hari Sabtu kemarin. Namun, para pejuang MILF mengeluhkan bahwa pasukan pemerintah dan warga desa yang bersenjata telah menghambat penarikan mundur mereka.

Juru Bicara MILF, Eid Kabalu mengungkapkan, penduduk desa yang pro-militer menembaki mereka dan melukai seorang pejuang MILF sehingga para pejuang MILF mengurungkan niat mereka untuk mundur karena khawatir mendapat serangan begitu keluar dari desa-desa. Oleh sebab itu, kata Kabalu para komandan MILF meminta jaminan pemerintah Filipina bahwa mereka tidak akan diserang saat keluar dari desa.

Pernyataan Kabalu dibantah oleh tentara Filipina yang mengatakan bahwa para pejuang MILF-lah yang menolak keluar dari desa-desa. Militer Filipina bahwa menyebut para pejuang MILF yang selama ini menguasai sejumlah desa telah menjadi kelompok “bandit” yang mengganggu keamanan warga.

“Semua langkah damai sudah tak berlaku lagi untuk menyelesaikan konflik. Kami sekarang mengambil tindakan yang cukup proporsional dan bisa dibenarkan untuk menggunakan kekuatan guna memulihkan keamanan di Utara Cotabato, ” tukas Brigadir Jenderal Jorge Segovia dari militer Filipina dalam pernyataannya. (ln/aljz)

Masa Depan ISLAM Cerah Di BRAZIL; Setiap Hari, 3 Orang Masuk ISLAM
Rabu, 23 Juli 08, alsofwah.or.id

Sejumlah lembaga Islam di BRAZIL menyatakan, jumlah orang yang memeluk Islam di satu kota seperti San Paolo saja setiap harinya mencapai 3 orang. Sayangnya, tidak ada data statistik yang detail mengenai berapa jumlah umat Islam sesungguhnya di BRAZIL, akan tetapi sejumlah lembaga Islam itu memperkirakan jumlah mereka bisa mencapai 3 juta orang. Jumlah ini terbagi antara kaum imigran dari negara-negara Arab dan Islam, dan warga negara BRAZIL sendiri yang memeluk Islam.

Hosam El Bostani, seorang imam di salah satu masjid di Sao Paolo menegaskan, kebanyakan yang masuk Islam itu adalah dari kalangan pemuda dan kaum wanita. Ini menguatkan bahwa agama Islam memiliki masa depan yang besar (baca: cerah) di BRAZIL.

Mengenai sebab kenapa secara khusus, kedua kelompok masyarakat itu yang begitu antusias masuk Islam, seorang wartawati BRAZIL, Rita de Ceiba mengatakan, kaum wanita dan pemuda merupakan kelompok masyarakat yang paling menderita di BRAZIL akibat berantakannya rumah tangga (broken home) dan ketidakharmonisan dalam keluarga. Ternyata, mereka menemukan apa yang mereka cari selama ini di dalam Islam.

Seperti diketahui, Islam masuk ke BRAZIL melalui para budak asal Afrika yang direkrut oleh para penjajah PORTUGIS antara abad 16 dan 17 M. Dan sejak itu, Islam tersebar di negeri ini. Penyebarannya semakin bertambah dengan kedatangan kaum imigran asal Arab pada permulaan abad yang lalu. (almkhtsr/AH)

Pemimpin Spritual TIBET, Dalei Lama: Keliru Anggap Islam Sebagai Agama Kekerasan!!
Kamis, 17 Juli 08, alsofwah.or.id

Pemimpin spritual TIBET, Dalai Lama menegaskan, dirinya senantiasa mengadakan kontak dan mencurahkan perhatian terhadap agama Islam dan umat islam sejak tragedi serangan terhadap Amerika Serikat pada tanggal 11 September 2001 lalu.

Dalam ceramah yang disampaikannya di salah satu universitas di Pennsylvania, Amerika Serikat, Dalei Lama menolak anggapan bahwa agama Islam adalah agama kekerasan. Ia mengatakan, “Adalah keliru dan tidak adil sama sekali menganggap Islam sebagai agama kekerasan.!”

Statement-statement pempimpin spritual TIBET itu disampaikan untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan seorang mahasiswa di universitas itu mengenai semakin naiknya popularitas apa yang disebutnya ‘Islam Fundamentalis.’ Ceramah itu sendiri merupakan bagian dari ceramah-ceramah yang disampaikan Dalei Lama di Pennsylvania yang didatanginya Kamis lalu.

Dalam pada itu, para delegasi Dalei Lama mengatakan, “Orang-orang Cina tidak memiliki komitmen yang sungguh-sungguh untuk menyelesaikan pangkal krisis di TIBET.” Lebih lanjut mereka menegaskan, sejumlah pembicaraan mengenai upaya mengurangi ketegangan pasca digelarnya demonstrasi-demonstrasi yang marak di propinsi itu terhadap kekuasaan Cina tidak dapat memberikan tujuan apa pun. Mereka mengatakan, pembicaraan-pembicaraan yang telah diadakan pada tanggal 1 dan 2 Juli ini di Peking nampaknya justeru mengandung unsur hujatan pribadi terhadap pemimpin spritual TIBET itu, dan tidak membicarakan kondisi penduduk setempat.

Seperti yang dilansir kantor berita REUTERS, dari Lody Geary, salah seorang delegasi itu, ia mengatakan, “Dengan rasa kasih, kami terpaksa menyampaikan kepada delegasi Cina bahwa tanpa adanya komitmen yang sungguh-sungguh dan tulus dari pihak mereka, maka kelangsungan proses dialog tidak memberikan tujuan apa-apa.”

Pertemuan itu adalah kali kedua diadakan antara kedua belah pihak sejak pemerintah Cina melancarkan operasi tegas di TIBET beberapa waktu lalu di tahun ini. Demonstrasi-demonstrasi itu kemudian menyebabkan munculnya seruan dunia internasional kepada Cina agar melakukan dialog dengan pemimpin spritual TIBET yang telah lama bermukim di pembuangannya. (almkhtsr/AS)

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Agustus 2008 in Info

 

Tag:

5 responses to “Info Dunia Islam 01

  1. Gelandangan

    11 Agustus 2008 at 5:29 pm

    kasian tuh agama dijadikan sebuah alasan untuk kepentingan pribadi

     
  2. achoey sang khilaf

    12 Agustus 2008 at 9:08 am

    wah ini lumayan kumplit

    salam semangat!
    Senang dan tenang bersama Islam

     
  3. Femela

    18 Agustus 2008 at 2:17 pm

    Keren..keren..Islam emang kuerenn!!!

     
  4. i-Day

    26 Agustus 2008 at 5:06 am

    Assalamu’alaikum
    Bentar lagi Ramadhan euuy…
    Waktunya kita maaf2 dulu, biar lebih afdol puasanya.
    Mas Nasruni,,, minta no hp nya dong… mo konsul n tanya-tanya..,, hehehehe… yaaa… please…
    Wassalam.

     
  5. nAsruni

    26 Agustus 2008 at 11:39 am

    Alaikumussalam
    sama2 mas, maaf lahir bathin juga yah…
    wah konsul apa mas? berasa kayak pakar aja saya🙂
    via email aja yah mas…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: