RSS

Konsep dan Motivasi Ngeblog (Part 2)

07 Sep

Lanjutan tulisan Konsep dan Motivasi Ngeblog Part 1

Saya lanjutkan sedikit mengenai konsep, masih banyak ragam konsep ngeblog yang pernah saya temui. Seperti blog yang isinya berisi info lowongan pekerjaan, atau blog yang isinya downloadan lagu saja. Kedua jenis blog ini termasuk dalam golongan blog yang populer. Ada juga blog yang sifatnya sangat pribadi, yakni blog yang berisi hasil karya pemiliknya, seperti cerpen, puisi, pantun, atau bisa juga karya desain grafis maupun hasil karya fotografi. Maaf saya tidak bisa memberikan link-nya satu persatu. Jadi demikianlah banyak konsep yang bisa dipilih, atau Anda dapat memilih konsep yang berbeda sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Lantas bagaimana dengan blog saya saya sendiri? Ada yang mengatakan blog saya berkonsep dakwah Islami. Hmmm… wallahu’alam, tapi saya tetap akan menyebut blog ini sebagai blog pribadi, yang berisikan hal-hal menarik & bermanfaat bagi saya untuk saya share disini dan dipersilahkan untuk diambil segala manfaatnya. Saya tidak akan pernah mengklaim blog ini sebagai blog Islam. Namun ketika isinya kebanyakan bernuansa Islami adalah hal yang wajar, karena memang saya seorang muslim, dan apatah lagi yang dapat saya banggakan di muka bumi selain keislaman saya, sebuah nikmat dari Sang Pencipta yang harus saya syukuri selalu. Mengenai disebut blog dakwah, seperti yang selalu dikatakan ustadz saya bahwa Nahnu du’at qobla kulli syai‘, hayo apa artinya? Yap, kita adalah du’at (pendakwah) sebelum menjadi yang lainnya, apa maknanya? Silahkan ditelaah sendiri ya, bisa panjang urusannya kalo dibahas. (hehe.. gaya bener nih si Upin…)

Cukup mengenai konsep, kita lanjut ke motivasi. Hal menarik mengenai motivasi ini, saya ingin mencontohkan sebuah blog yang cukup unik, yakni blog eviesyar’i (maaf mas kalo saya pinjam blognya sebentar). Kenapa blog ini menarik? Bismillah, mudah2an ga termasuk ghibah. Blog ini dibuat oleh seorang lelaki yang telah mengkhitbah seorang wanita, dan mereka akan menikah dalam waktu beberapa bulan lagi. Blog ini dibuat untuk didedikasikan kepada sang wanita yang ingin dinikahinya itu. Motivasi pemilik blog menurut saya adalah mencari keberkahan dari blognya, karena isinya sangat kaya akan manfaat, walau kebanyakan juga adalah hasil copy paste dari sumber lain (salah satu postingan terbaik saya juga termasuk di sana hehehe.. 8) ). Ya, beliau hanya mencari keberkahan dari manfaat yang telah diberikannya buat orang banyak, sehingga berharap pernikahannya juga akan barokah, sebuah niat dan motivasi yang mulia.

Motivasi untuk memberi manfaat, tentunya hampir semua blogger ingin demikian. Walaupun tidak sedikit blogger yang juga punya motivasi memberi mudharat buat orang banyak. Ya blog-blog cabul atau blog-blog provokator yang kerjaannya memfitnah itu.

“Ya Allah, hancur dan lantakkanlah mereka dan bantu kami ikut menutup blog-blog itu.”

Selain itu ada juga yang memiliki motivasi untuk mendapatkan penghasilan, biasanya berisi downloadan, ia mengupload file-filenya ke situs yang memberikan reward atas setiap downloadan orang-orang, seperti pada situs ziddu.com misalnya. Saya sendiri tidak melakukan itu hiks..hiks.., tenang-tenang bukankah keberkahan bisa lebih bernilai dari sekedar uang.

“Ya Allah, berikanlah anugerah keikhlasan dalam diri ini.”

Atau juga ada yang hanya ingin berjualan, menjajakkan produk di blognya. Ada yang hanya ingin mengaplikasikan kemampuan dan bakatnya, menjadikan blognya sebagai ajang pencurahan karyanya. Semua motivasi ini adalah hak setiap pemilik blogger, begitu juga Anda.

Sementara motivasi saya hanyalah sekedar ingin berbagi apa yang bisa dibagi, sesuai dengan tema blog ini MARI KITA BERBAGI. Jika bermanfaat berharap bisa menjadi pemberat timbangan amal kebaikan dan meringankan beban dosa-dosa saya, amien ya Allah… Juga tentunya sarana saya untuk belajar menulis, walaupun bukan tulisan sastra, tapi alangkah senangnya ketika tulisan kita dibaca, apalagi bermanfaat.

Demikianlah, tulisan ini didedikasikan untuk para blogger yang masih bingung akan diarahkan kemana blognya, juga untuk kalian yang belum memiliki blog sendiri mungkin tertarik untuk membuat blog. Mengenai teknis pembuatan blog, sudah banyak tutorial yang bisa kita lihat. Saya sendiri baru belajar soal teknis ini, masih banyak yang saya belum ketahui, makanya blog ini sangat sederhana. Ya, seperti kata Kang Achoey, otodidak itu bisa menjadi lebih indah.

Wassalam.

nAsruni

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 7 September 2008 in artikel pribadi

 

Tag: , , ,

14 responses to “Konsep dan Motivasi Ngeblog (Part 2)

  1. l5155st™

    7 September 2008 at 5:35 pm

    Sering nulis motivasi untuk nge-Blog akhi nasruni…

    Agar dunia blog semakin ramai!

    nAs:
    insya Allah mas,
    kita ramaikan blogsphere ini dengan manfaat dan kebaikan.

     
  2. akaldanhati

    8 September 2008 at 2:10 am

    lanjutkan perjuangannya bro…

    nAs:
    thanx bro…

     
  3. syelviapoe3

    8 September 2008 at 5:16 am

    Hal yang sama juga memotivasi saya nge-blog…

    Saya ingin berbagi ‘sesuatu’ meski kadang ‘sesuatu’ itu terlalu awam ato terlalu biasa saja

    dan
    barangkali karena saya harus meneruskan ‘hasrat’ menulis saya…

    hm…”jadi inget hutang tulisan yang belum saya penuhi” hem……..

    nAs:
    mba penulis yah?
    mmm… hutang wajib dibayar lho mba…🙂

     
  4. yodama

    8 September 2008 at 5:25 am

    Semua amal itu bergantung kpd niatnya.

    just plan ur work and work ur plan.

    nAs:
    betul mas, mmm… ok! thanx mottonya…

     
  5. wi3nd

    8 September 2008 at 5:52 am

    yupz keep writin9 and hepi blo9ing ya nAs..:)
    and i’ll be the reader heheh..

    yupz setuju berbagi kepada sesama,semo9a
    bermanfaat amiinn…:)

    semangaaaadd…!!!

    nAs:
    thanx wi3nd, aQ terharuh… hiks hiks.. [halah, kaya sinetron ajah]

     
  6. arifrahmanlubis

    8 September 2008 at 6:16 am

    yang menarik adalah, tulisan kita ini tetap bisa dinikmati sampai kapanpun..dan jika orang berbuat baik, maka akan jadi pahala bagi kita.

    semoga jadi amal yang pahala terus datang walaupun kita sudah meninggal

    nAs:
    sempat terpikir ke situ juga mas,
    insya Allah Amiinn…

     
  7. Artha

    8 September 2008 at 11:48 am

    blog saya kategori yang mana yach?

    nAs:
    kategori blog terfavorit adalah… [halah… emangnya piala citra]

     
  8. syelviapoe3

    9 September 2008 at 6:10 am

    Bukan…saya bukan penulis yang tulisannya biasa menghiasi toko2 buku😀

    Hanya saja ‘kebiasaan menulis’ ini tertular dari seorang ‘teman’ he..he..

    Nah, itu dia yang saya pusingin, mas Nas…Masalahnya…untuk membayar hutang itu…saya kudu cari bahan tulisan yang ‘mumpuni’….
    he…he..

    nAs:
    oh bukan yah,
    ok deh selamat mencari bahan yg mumpuni…🙂

     
  9. sulaiman

    9 September 2008 at 8:36 am

    kegiatan nge-Blog semakin mengasyikkan dan menambah pengetahuan, semoga dunia blog semakin ramai dan bermanfaat bagi pembacanya

    nAs:
    amiin, semoga begitu mas…

     
  10. achoey sang khilaf

    9 September 2008 at 9:03 am

    ngeblog untuk karya yang bermanfaat🙂

    nAs:
    karya yang kaya manfaat🙂

     
  11. layanglayang

    10 September 2008 at 3:49 pm

    amin…

    meng-amin-kan dulu ya pak..

    speechless setelah membaca tulisan diatas, ga tau harus berkata apa..
    blog ana masuk kategori mana yach?!?:-/
    hmm.. tak taulah.

    terima kasih.

    nAs:
    be your self Lan!
    thats all, ga perlu harus ikut2an yg mana.

     
  12. femela

    4 Oktober 2008 at 12:13 pm

    assalamualaikum wr wb

    sedikit curhat:
    waktu saya ketemu pertama kali dengan blog mas nAs ini, saya sangat senang.
    Subhanallah.Blog ini memberi banyak kemudahan
    dalam kebaikkan.
    Tapi, pas saya buka lagi hari ini,
    agak keganjalan dalam hati saya.

    masalah foto.
    saya jadi tahu,
    oh ini toh mas nAs yang buat blog ini.
    Oh, rumahnya di daerah Depok.

    Terlepas dari semua alasan mengapa ada
    foto mas nAs, saya berharap, foto itu ditiadakan.
    seperti awal saya menemukan blog ini.

    afwan

    nAs:
    Wa’alaikumsalam wr wb
    terimakasih atas perhatian mba femela atas blog saya yg sederhana ini..
    saya hanyalah manusia biasa yg lemah, tp karena mba juga ga mau tau alasan saya, ya sudah, saya juga tidak akan menjelaskan apa2… foto sudah dihilangkan…
    tapi perlu saya tekankan bahwa blog ini hanyalah blog pribadi, sangat mungkin isinya ga sesuai harapan pengunjung, termasuk mba.
    Jadi mohon maaf atas segala kekurangan, dan terimakasih atas kritik dan sarannya..

     
  13. http://www.motivasi-winner.com

    21 Maret 2009 at 12:06 am

    salam sukses, anda mau berkerja sambilan melipat brosur, sukses buat anda

     
  14. Fathy Farhat khan

    4 November 2009 at 4:35 pm

    mari ngeblog yang positif!
    Assalamu’alaikum, salam kenal….Subhanallah, tulisan yang selain memberikan pencerahan ide baru juga sangat inspiratif kawan, nice blog, keep on blogging!!!🙂 artikel-artikel untuk menjadi muslim kaya juga bisa aku temukan di sini : http://muslim-kaya.blogspot.com/

     

Tinggalkan Balasan

 
