RSS

Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan

08 Sep

1. Turunnya AI Qur’anul Karim

“Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya AI Qur’an…” Begitulah arti firman Allah dalam AI Quran. Sebagian mufassir menjelaskan bahwa yang dimaksud diturunkannya AI Qur’an di bulan ini adalah, turunnya ke langit bumi.

2. Perang Badar Kubro

Inilah perang pertama dalam sejarah Islam. terjadi pada tanggal 17 Ramadhan 3 H. Perang badar, juga biasa disebut dengan Yaumul Furqon, atau hari pemisahan antara hak dan bathil. Tiga ratusan kaum muslimin dengan persenjataan apa adanya, berhadapan dengan kaum musyrikin yang memiliki persenjataan lengkap, termasuk 900 onta dan 100 ekor kuda. Atas izin Allah, dan berkat keimanan Rasulullah dan para sahabat, kaum muslimin menang gemilang. Peristiwa ini diabadikan Allah dalam Surat AI-Anfal.

3. Perang Tabuk

Perang kaum muslimin melawan pasukan Romawi ini terjadi pada tahun 9 H. Sebagian peristiwanya diabadikan dalam surat At Taubah. latar belakang perang adalah karena terbunuhnya duta Rasulullah saw, Harits bin Umair di tangan Syurahbil bin Amr Al Ghassany, ketika AI Harits membawa surat Rasulullah untuk pemimpin Bashra. Perang Tabuk terjadi saat musim paceklik, tapi di sisi lain buah-buahan sudah mulai masak, sehingga sebagian kaum muslimin harus menghadapi tarikan duniawi yang sangat berat. Rasulullah memobilisasi sendiri perang. Kaum muslimin berlomba lomba menafkahkan hartanya. Kedatangan pasukan Islam di Tabuk temyata memunculkan ketakutan luar biasa di kalangan pasukan Romawi. Mereka lari berpencar dan tidak berani melakukan serangan terhadap kaum muslimin.


4. Pernikahan Rasulullah dengan Saudah

Saudah binti Zam’ah bin Qais adalah wanita pertama yang dinikahi Rasulullah setelah wafatnya Khadijah. Dalam kitab sirah disebutkan bahwa Rasulullah menikahi Saudah pada bulan Ramadhan, tahun 10 setelah Rasul diangkat menjadi Nabi. Saudah sendiri wafat di Madinah pada bulan Syawwal tahun 54 H, di akhir kekhalifahan Umar bin Khattab ra.

5. Wafatnya Khalid bin Walid ra, 18 Ramadhan 21 H

Khalid bin Walid, yang digelari Rasulullah dengan Saifullah Maslul (pedang Allah yang terhunus) masuk Islam pada tahun ke 8 Hijrah setelah peristiwa Hudaibiyah. Perang pertama yang diikuti Khalid adalah perang Mu’tah. Dalam perang ini, Khalid melakukan pertempuran luar biasa. la mengambil panji Islam setelah tiga panglima sebelumnya, Zaid, Ja’far dan Abdullah bin Rawahah gugur syahid. Akhirnya Allah membe­rikan kemenangan kepada kaum muslimin. “Aku telah mengikuti ratusan peperangan. Di setiap jengkal tubuhku terdapat bekas pukulan pedang, tombak maupun panah. Tapi ternyata aku mati di atas kasur,” begitu perkataan Khalid menjelang wafatnya. Khalid wafat di zaman pemerintahan khalifah Umar bin Khattab. jenazahnya disholatkan oleh Umar ra.

6. Wafatnya Ali ra, 17 Ramadhan 40 H

Ali bin Abi Thalib, keponakan Rasulullah, anak dari paman Rasulullah. julukan Ali adalah Abul Hasan dan Abu Turab. Ma­suk Islam saat berusia 7 tahun dan terlibat dalam berbagai peristiwa besar di awal-awal sejarah Islam. Kecuali pada peristiwa perang Tabuk, karena Rasulullah saw memerintah­kannya untuk menjaga keluarganya.

Ali termasuk 10 sahabat yang dijamin masuk surga. Menikah dengan puteri Rasulullah, Fathimah az-Zahra. Ali menemui syahidnya pada usia 58 tahun oleh tikaman Abdurrahman bin Muljam di Kufah, pada hari Jum’at, 17 Ramadhan. Jenazahnya dimandikan oleh anaknya Hasan dan Husein, serta Abdullah bin Ja’far.

7. Penaklukan kota Andalusia

Terjadi di bulan Ramadhan 91 H. Dalam sejarah disebutkan, inilah saat pertama pasukan Islam memasuki Andalus, dipimpin oleh Tharif Birbiri yang melanjutkan perjuangan AI Fatih Musa bin Nushair. Dalam penaklukkan Andalus ini juga dikenal pahlawan Islam bemama Thariq bin Ziad. Thariq memperkuat kekuasaan Islam atas Andalus pada tahun 92 H, yang juga terjadi pada bulan Ramadhan.

8. Wafatnya Ibnul Mubarak

Namanya Abu Abdurrahman Abdullah bin Mubarak, tokoh generasi Tabi’in yang terkenal dengan keshalihan dan ilmunya. Abbas bin Mush’ab mengatakan tentang Ibnu Mubarak, “Ibnu Mubarak telah menghimpun ilmu Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, keberanian, dan perdagangan.” Imam Ahmad bin Hambal mengatakan bahwa Ibnu Mubarak merupakan orang yang paling semangat di zamannya dalam menuntut ilmu. la menurut Imam Ahmad, pergi ke Yaman, Mesir, Syam, Bashrah dan Kufah. Ibnul Mubarak wafat pada Ramadhan 181 H.

9. Perang Zallaqah

Perang ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun 480 H. Zallaqah merupakan nama tempat yang terdapat di Andalusia, berdekatan dengan kota Cordoba. Dalam peperangan ini, kaum muslimin mampu mengusir pasukan musuh yang dipimpin oleh Alvonso VI. Sebelumnya Alvonso VI sesumbar dan mengancam penguasa muslim di Andalus Mu’tamid bin lbad Sultan, bahwa pasukannya akan mampu merebut kota Andalus. Adalah Yusuf bin Tasyfin, komandan perang Zallaqah yang berhasil mengalahkan pasukan musuh.

10. Perang Ain Jaluth

Perang ini terjadi pada 25 Ramadhan 657 H. Ain Jaluth adalah sebuah lokasi antara Bisan dan Nablus, yang dirampas oleh pasukan Tatar. Perang ini berakhir pada kemenangan gemilang kaum muslimin. Salah satu tokoh pahlawan yang terkenal dalam peristiwa ini adalah Muzaffar Saifuddin Quthz. Syaikh Izzuddin bin Abdus Salam, seorang ulama pada waktu itu berkata, “Jika musuh mendatangi wilayah Islam maka wajib bagi kaum muslimin yang mengetahuinya untuk berperang.”

Kaum muslimin pun kemudian berangkat menyosong pasukan Tatar. Dalam kondisi genting dan terjepit, panglima perang Quthz berteriak memberi semangat kepada pasukannya, ‘Waa Islamaa ” sebanyak tiga kali. Lalu ia mengatakan…

”Ya Allah tolonglah hamba-Mu Quthz dalam menghadapi pasukan Tatar…” Ketika akhimya Al­lah memenangkan kaum muslimin, Quthz mendapat pujian hangat dari kaum muslimin. Tapi ia mengabaikan pujian itu dan mengatakan, “Saya hanyalah seorang muslim bin muslim…” Quthz sendiri wafat pada hari Sabtu, 16 Dzulqa’dah 658 H.

11. Kelahiran tokoh Sosiologi Islam, Ibnu Khaldun

Nama lengkapnya adalah Abdurrahman bin Muhammad bin Khaldun, lahir pada 2 Ramadhan 732 H. Karya Ibnu Khaldun yang paling monu­mental adalah kitab Muqaddimah. Ibnu Khaldun mendapat julukan sebagai pendiri ilmu sosiologi yang diakui oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Ibnu Khaldun sendiri wafat pada tahun 808 H. di Mesir pada saat kekuasaan Nashir Ilidiinillah.

12. 90 Muslim Palestina syahid dibantai di Masjid Ibrahim, Palestina

Dunia Islam tersentak ketika tokoh ekstrim Zionis Yahudi Baruch Goldstein melakukan penembakan massal terhadap kaum muslimin yang sedang melakukan shalat di masjid Ibrahim. Penembakan biadab itu menewaskan 90 orang muslim di dalam masjid. Baruch Goldstein adalah Yahudi asal Amerika yang telah melakukan imigrasi ke Palestina sejak 11 tahun sebelum ia melakukan pembantaian itu. la dikenal kuat memegang prinsip terorisme yang dikembangkan oleh Mair Kahana, tokoh ekstrimis Zionis.

sumber: tarbawi

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 8 September 2008 in artikel pilihan

 

Tag: , ,

13 responses to “Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan

  1. ahsinmuslim

    9 September 2008 at 2:27 am

    subhanallah, duluan sahabat Nasruni yang memposting nich topik. saya juga ada niatan tuk memuat tema tersebut. tapi gak apa-apalah, toh tidaklah sama persis. he..he…

    nAs:
    insya Allah akan tetap bermanfaat..

     
  2. ahsinmuslim

    9 September 2008 at 2:28 am

    peristiwa-peristiwa tersebut semakin memperkukuh bukti bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan teristimewa

    nAs:
    iya, juga hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia,
    khan juga terjadi pada bulan Ramadhan…

     
  3. Rindu

    9 September 2008 at 3:54 am

    Terima kasih atas segala info ini … ah sungguh saya tidak tahu berbagai keistimewaan Ramadhan.
    🙂

    nAs:
    sama-sama mba Rindu.

     
  4. daiichi

    9 September 2008 at 4:02 am

    Ternyata banyak hal yang terlewat…..
    mumpung masih ramadhan… amal sebanyak banyaknya….

    nAs:
    ya, setuju sekali.

     
  5. catatan Muslim

    9 September 2008 at 4:04 am

    Banyak peristiwa yang menakjubkan… terutama turunnya Al-Qur’an. dan semoga di tahun ini kita dapet bonus, kebaikan yang nilainya LEBIH dari 1000 bulan….

    nAs:
    ramadhan sahrul qur’an,
    amiin, insya Allah…

     
  6. wi3nd

    9 September 2008 at 4:55 am

    ya ALLAH ampuni hambamu ini yakh??
    karna daku baru tahu be9itu banyak peristiwa y9 terjadi saat ramadhan…
    makasih ya nAs….🙂

    nAs:
    sama-sama wi3nd.

     
  7. rma

    9 September 2008 at 5:56 am

    subhanallah…..
    begitu besar kekuatan dari Allah. Kaum muslimin mengalami kemenangan dalam berperang ketika bulan romadhon…Artinya, bukan karena sedang puasa, lalu kita bermalas-malas, lemas, lesu, melainkan harus semangat untuk menggapai Ridho_NYA.
    semoga qita mendapatkan lailatul Qodr NYA.

    nAs:
    betul sekali,
    semangat, ganbatte! (kata layang2)
    amiiin…

     
  8. rma

    9 September 2008 at 6:06 am

    TiDak aDa Kata IsTIrahat DaLAm BeRDaKwah!
    DaKwah Adalah perjalanan PaNJang yang diLiputi oleh pilihan-PILIhan SuLit.
    KeberHaSilan akan diraih Jika disusun oleh OrAng-Orang cerdas, diPerjuaNGkan oleh Orang-Orang pEMBerani dan dipertahanKan oleh yang terbaik.
    KeSempatan itu kan seGera Lenyap secepat PeRjalaNAn awan & Menunda-nunda Pekerjaan tanda Orang2 merugi.
    BaRang siapa bersampan kemalasan,…..
    ia akan tenggelam bersamanya….

    BaNGKIt dan SEmaNGatlah!

    wahai Ikhwahfillah
    mujahid Mujahidah Penegak Kebenaran
    pembela Islam.

    nAs:
    istirahat boleh saja,
    tapi untuk mengumpulkan tenaga baru tentunya,
    Semangat!!

     
  9. achoey sang khilaf

    9 September 2008 at 9:02 am

    Wah sungguh Ramadhan adalah Bulan dimana banyak peristiwa penting ya akhi🙂

    nAs:
    betul kang.
    mudah2an kita juga mendapat bidadari di bulan Ramadhan ini,
    amiin… (lho kok..)

     
  10. dinginlebihnikmat

    10 September 2008 at 1:10 am

    Yupp….semangat….semangat….semangat….^_^

    nAs:
    semangat juga..!

     
  11. awan

    28 April 2009 at 9:29 am

    maha suci allah.
    alahu akbar

     
  12. Adji Nugbrogo

    16 Agustus 2011 at 1:30 pm

    Izin copas untuk dakwah y.. ^^

     
  13. abutabina

    5 Juni 2013 at 6:21 pm

    subhanallah.. sangat bermanfaat…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: