RSS

Apa Kata Orang Barat (yang netral) Tentang Rasulullah SAW?

14 Sep

Penukilan tentang gambaran Islam yang muram di dalam buku-buku Barat tidak berarti tidak ada orang-orang Barat yang netral. Sebagian dari mereka mengenal Rasulullah Muhammad SAW dan mereka mengenal Islam, kemudian bersikap netral di dalam buku-buku mereka dan bisa kita sebutkan contohnya.

Namun sangat disayangkan bahwa kita melihat kenyataan saat ini, media-media Barat enggan melihat Islam dari jendela-jendela positif yang telah dibuka oleh orang-orang netral tersebut.. Banyak juga orang-orang Barat yang netral lebih mengutamakan untuk diam, atau barang kali media Barat tidak mau meliput perkataan mereka. Berikut ini pendapat sejumlah orang-orang Barat yang netral tentang Islam:

1. Seorang orientalis Kanada, Dr. Zuwaimer di dalam bukunya “Timur dan Tradisinya” mengatakan, “Tidak diragukan lagi bahwa Muhammad adalah termasuk pemimpin agama terbesar. Bisa juga dikatakan bahwa dia adalah seorang reformis, mumpuni, fasih, pemberani dan pemikir yang agung. Tidak boleh kita menyebutnya dengan apa yang bertentangan dengan sifat-sifat ini. Al-Qur’an yang datang bersama Muhammad dan sejarahnya menjadi saksi atas kebenaran klaim ini.”

2. Seorang Orientalis Jerman Bretly Hiler di dalam bukunya “Orang-Orang Timur dan Keyakinan-keyakinan Mereka” mengatakan, “Muhammad adalah seorang kepala negara dan punya perhatian besar pada kehidupan rakyat dan kebebasannya. Dia menghukum orang-orang yang melakukan pidana sesuai dengan kondisi zamannya dan sesuai dengan situasi kelompok-kelompok buas di mana Nabi hidup di antara mereka. Nabi ini adalah seorang penyeru kepada agama Tuhan Yang Esa. Di dalam dakwahnya, dia menggunakan cara yang lembut dan santun meskipun dengan musuh-musuhnya. Pada kepribadiaannya ada dua sifat yang paling utama dimiliki oleh jiwa manusia. Keduanya adalah “keadilan dan kasih sayang”.

3. Bernardesho seorang pemikir Inggris di dalam bukunya “Muhammad” mengatakan, “Dunia ini sangat membutuhkan pemikiran Muhammad. Nabi inilah yang meletakan agamanya senantiasa dalam posisi terhormat dan tinggi, agama yang paling kuat di dalam mencerna seluruh peradaban dan kekal sepanjang masa. Saya melihat banyak dari anak keturunan bangsaku yang masuk agama ini dengan bukti nyata. Agama ini akan mendapatkan kesempatan yang luas di benua ini – maksudnya adalah Eropa. Bahwa para tokoh agama pada abad pertengahan, akibat dari kebodohan dan fanatisme, telah menggambarkan agama Muhammad dengan gambaran yang gelap. Mereka menyebut agama Muhammad sebagai musuh bagi Kristen. Namun setelah saya mengkaji tentang orang ini (Muhammad), saya menemukan kekaguman yang luar biasa. Saya sampai pada kesimpulan bahwa dia bukan musuh bagi Kristen. Namun sebaliknya harus disebut penyelamat manusia. Dalam pandangan saya, sekiranya dia memegang kendali dunia pada hari ini pastilah dia bisa menyelesaiakan masalah kita yang dapat menjamin perdamaian dan kebahagiaan yang menjadi harapan manusia.

4. Professor bahasa Aramaic, Snersten Elasogi di dalam bukunya “Sejarah Hidup Muhammad” mengatakan, “Sungguh kita tidak netral pada Muhammad kalau kita mengingkari apa yang ada pada dirinya, berupa sifat-sifat yang agung dan keistimewaan-keistimewaannya. Muhammad telah terjun di dalam perang kehidupan yang besar menghadapi kebodohan dan kesemrawutan, tetap teguh pada prinsipnya. Dia terus memerangi tindakan yang melampaui batas sampai berakhir pada kemenangan yang nyata. Sehingga syariatnya menjadi syariat yang paling sempurna, dia di atas para tokoh agung sejarah.”

5. Seorang orientalis Amerika Sneks di dalam bukunya “Agama Arab” mengatakan, “Muhammad muncul 570 tahun setelah Isa. Tugasnya adalah untuk meningkatkan akal manusia dengan memberinya dasar-dasar utama dan akhlak yang mulia, mengembalikan kepada keyakinan Tuhan yang Esa dan kehidupan setelah kematian.”

6. Michael Hart di dalam bukunya “Seratus Tokoh dalam Sejarah” mengatakan, “Pilihan saya Muhammad menjadi orang pertama yang terpenting dan teragung sebagai tokoh sejarah telah mengagetkan para pembaca. Namun dia (Muhammad) adalah satu-satunya tokoh dalam semua sejarah yang sukses dengan kesuksesan sangat tinggi pada tingkat Agama dan Dunia. Ada banyak rasul, nabi dan para pemimpin yang memulai dengan misi-misi agung. Namun mereka meninggal tanpa penyempurnaan misi-misi tersebut, seperti Isa di Kristen, atau yang lain telah mendahului mereka, seperti Musa di Yahudi. Namun Muhammad adalah satu-satunya (Rasul) yang menyempurnakan misi agamanya, menetapkan hukum-hukumnya dan diimani oleh bangsa-bangsa selama hidupnya. Karena dia mendirikan negara baru di sisi agama. Sedang di bidang dunia dia juga menyatukan kabilah-kabilah di dalam bangsa, menyatukan bangsa-bangsa di dalam umat, meletakan buat mereka semua asas kehidupannya, menggariskan masalah-masalah dunianya, meletakannya pada titik tolak menuju dunia. Dan juga di dalam hidupnya, dia adalah (Rasul) yang memulai risalah agama serta dunia dan menyempurnakannya.

7. Seorang sastrawan dunia, Lev Tolstewi, yang karya sastranya dianggap sebagai sastra yang paling bernilai tercatat dalam peninggalan kemanusiaan. Dia mengatakan, “Cukuplah Muhammad sebagai kebanggaan karena dia telah membebaskan umat hina yang haus darah dari cakar-cakar setan tradisi yang tercela. Membuka di depan muka mereka jalan yang tinggi dan maju. Bahwa syariat Muhammad akan menguasai dunia karena kesesuaiannya dengan akal dan kebijaksanaan.

8. Dr. Shaberk asal Austria mengatakan, “Sesungguhnya manusia pasti bangga memiliki afiliasi dengan tokoh seperti Muhammad. Dia itu meski dengan keumiannya (tidak bisa baca dan tulis) beberapa belas abad yang lalu mampu membuat undang-undang. Kita orang Eropa akan menjadi sangat bahagia apabila bisa sampai ke puncaknya.”

9. Seorang Filsuf Inggris yang penah mendapatkan hadiah Nobel, Tomas Karlil di dalam bukunya “Para Pahlawan” mengatakan, “Sungguh menjadi sangat aib bagi siapapun yang berbicara pada masa ini mengeluarkan ungkapan bahwa agama Islam adalah kedustaan dan bahwa Muhammad adalah penipu. Kita harus memerangi penyebaran kata-kata yang absurd dan memalukan ini. Sesungguhnya risalah yang ditunaikan utusan (Rasul) tersebut masih menjadi pelita yang bercahaya selama 12 abad lamanya. Apakah ada di antara kalian yang mengira bahwa risalah ini yang menjadi pegangan hidup dan matinya jutaan orang yang tak terhitung jumlahnya adalah kedustaan dan penipuan.”

10. Sedang seorang Sastrawan Jerman Gotah mengatakan, “Sesungguhnya kita warga Eropa dengan seluruh pemahaman kita, belum sampai kepada apa yang telah dicapai Muhammad. Dan tidak akan ada yang melebihi dirinya. Saya telah mengkaji dalam sejarah tentang keteladanan yang tinggi untuk umat manusia ini. Dan saya temukan itu pada Nabi Muhammad. Demikianlah seharusnya kebenaran itu menang dan tinggi, sebagaimana Muhammad telah sukses menundukkan dunia dengan kalimat tauhid.”

Demikianlah, mereka mengakui kemahsyuran dan keagungan Rasulullah SAW, mengapa kita masih saja mengidolakan yang lain? Semoga tulisan ini mampu menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

 
20 Komentar

Ditulis oleh pada 14 September 2008 in artikel pilihan

 

Tag: ,

20 responses to “Apa Kata Orang Barat (yang netral) Tentang Rasulullah SAW?

  1. Zulfi

    14 September 2008 at 10:07 am

    Poin no. 6 itu yg termasuk paling masyhur. Dimana Rasulullah berhasil menjadi orang paling berpengaruh di dunia, melebihi tokoh2 barat dan yunani kuno sekalipun.

    Subhanallah…

     
  2. layanglayang

    14 September 2008 at 2:56 pm

    George Bernard Shaw : “He must called the Saviour of Humanity. I believe that if a man like him were to assume the dictatorship of the modern world, he would succeed in solving its problems in a way that would bring it much needed peace and happiness” (The Genuine Islam, Singapore, Vol.1, No. 8, 1936)

    Sumber : Buku “Muhammad SAW The Super Leader, Super Manager” (Dr. Muhammad Syafii Antonio)

    info yang bagus ne pak..!!

    Semoga tulisan ini mampu menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.
    amin.. insyaAllah.

     
  3. layanglayang

    14 September 2008 at 2:58 pm

    ternyata banyak juga yang belum saya tahu.. T_T
    terima kasih.

     
  4. cita

    14 September 2008 at 11:14 pm

    Sy teringat apa yg pnh sy ulas dlm tgs mt kuliah Agama Islam. Pengkritik Keras Islam-William Muir-pun mengakui Muhammad memiliki kesetiaan dan pengabdian yg tiada bandingannya dlm sjrh umat manusia,melawan mati2an para penyembah berhala.Muhammad membangkitkan hdp rohaniah dng iman yg rela berkorban dan gembira menerima kenyataan bhw harta bendanya dihancurkan demi hati nurani. sumber:the religions of man,by Huston Smith.

     
  5. ariefdj™

    15 September 2008 at 4:46 am

    “pihak luar” kalo memberikan ulasan dan kajian dari sisi yang netral dan objektif, ya gitu itu.. tapi kalo dari pandangan pihak2 yg emang pada dasarnya benci, ya gimana ya .. semoga ajah ‘pihak2 luar yg pembenci’ yang mempunyai pandangan yg salah tentang kanjeng Nabi Muhammad saw, dibukakan pintu hatinya, sehingga paling tidak, dapat memberikan pandangan yg objektif seperti orang2 di atas..

     
  6. cita-cita

    15 September 2008 at 5:16 am

    subhanallah…

    pandangan mereka seperti itu….

    semoga mereka semua mendapat hidayah, inayah dan petunjuk yang lurus dari Allah SWT.

    agar mereka pun meyakini, mengamalkan dan menjalankan ajaran Islam.

    dan untuk kita semua…..

    semoga bertambah rasa Cinta kita kepada Allah dan Rosul-NYA.
    untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

     
  7. wi3nd

    15 September 2008 at 5:33 am

    sem9a pendapat mreka benar2 tulus yakh,tidak memutarbalikkan fakta..

    RindU kami padamu ya rassul..:)

     
  8. pimbem

    15 September 2008 at 5:39 am

    Subhanallah…
    Bnr2 pendapat yg tulus, keluar dr dalam hati para tokoh yg dr kecil ga pernah tau apa itu islam. Semoga para pemikir2 yg selalu menjelekkan nabi muhammad atas dasar benci tanpa berpikir objektif seperti tokoh2 di atas, dibukakan pintu hatinya.

     
  9. kishandono

    15 September 2008 at 10:23 am

    Yah memang begitu sepatutnya, bukan lantas menjelek-jelekkan yang ‘beda’

     
  10. afwan auliyar

    15 September 2008 at 1:02 pm

    sebenarnya sdh nggak usah diragukan lagi akan hal ini …..

    muhammad memang manusia istimewa …..

    tp, anehnya ketika para penulis mengetahui keistimewaan muhammad ini, knpa mereka tidak mau mengimani apa yg dibawa oleh Muhammad !?!?

     
  11. Gus Yehia

    15 September 2008 at 8:04 pm

    Ya Rasulullah Ya Habiballah..
    Kami Rindu..
    eh nAs.. kost-kostannya dah jadi tuh

    nAs:
    alhamdulillah, syukron gus..😀

     
  12. Ayam Cinta

    16 September 2008 at 1:55 am

    Keren… Emang top dah idola gw yang satu ini.

     
  13. syelviapoe3

    16 September 2008 at 9:33 am

    Number one IDOL😆

     
  14. yudios

    17 September 2008 at 1:33 am

    Rasulullah is the best!

     
  15. alfan

    23 September 2008 at 11:07 pm

    tidak da kt lain slain Muhammadurrasulullah Allahuakbar.

     
  16. dhany

    30 September 2008 at 3:05 am

    Assalamaualaikum …..
    Tulisan yang bagus, kalau nggak keberatan saya cantumkan pada blog saya boleh nggak ???
    Emang selayaknya kita sebagai umat muslim menjadikan Rasullah Muhammad Shallahu Alaihi Salam sebagai teladan
    Firman Allah Subhana wa Ta’ala :
    “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Surat Al-Ahzab : 21)

    nAs:
    wa’alaikumsalam,
    saya persilahkan mas…🙂

     
  17. Abu Hanifah

    4 Oktober 2008 at 5:35 am

    MasyaAllah,
    Rasulullah shallaahu’alaihi wasallam bersabda: “Org yang bakhil adalah org yg apabila aku disebut, dia tdk membaca shalawat kepadaku.”
    (HR Tirmidzi, 5/551)

    Kunjungi : http://www.smstaushiyah.com

    dapatkan taushiyah/nasehat setiap hari di HP Anda.
    YM: nabil_vcr

     
  18. Abdu

    10 Februari 2009 at 6:38 pm

    is the best

     
  19. Abdu Robbil Izza

    10 Februari 2009 at 6:41 pm

    Manusia teragung termulia dihadapan Allah adalah Rasulallah SAW. semoga saudara kita mendpatkan hidayah dan taufik dari Allah SWT. tidak lupa kita berdoa untuk rakyat palestina semoga diberi ketabahan dan kesabaran. Amin

     
  20. ixbarr

    15 Februari 2011 at 7:52 am

    Boleh saya berkongsi info ini dalam blog saya yer……untuk sebaran semua pembaca…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: