RSS

Tidur di Atas Motor…

11 Nov

Judulnya kok mirip judul film, daun di atas bantal, hehehe… Maaf ini postingan ringan saja, ingin sharing, siapa tahu ada yang punya pengalaman yang sama, terus ada solusi bersama juga.

Ini kejadian yang cukup sering saya alami, mungkin juga ada di antara kalian yang pernah mengalaminya. Tidur sewaktu mengendarai sepeda motor, wew kebayang khan gimana bahayanya? Paling sering terjadi pada saya di hari Sabtu sewaktu saya masuk kantor untuk piket. Jadi, begini ceritanya, jam kantor saya di hari kerja adalah jam 13-21. Khusus untuk hari Jumat, sepulang kantor biasanya saya latihan futsal di senayan, sampai jam 12 malam di senayan. Pulang dari senayan, tiba di rumah jam 1 dini hari, kalau udah cape begitu ga mungkin saya bisa langsung tidur, baru bisa tidur jam dua atau setengah tiga. Subuh mesti bangun lagi, habis subuh kalo saya tidur lagi, bisa kebablasan sampe siang. Karena harus ke kantor pagi-pagi, maka saya putuskan untuk tidak tidur lagi. Selesai kerjaan di kantor, biasanya jam dua atau jam tiga sore. Nah disinilah kejadiannya.

Kantor saya di daerah Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan rumah saya di Depok. Dalam kondisi kurang tidur, kelelahan, dan mengantuk, saya harus berkendara motor menelusuri jalur Tanah Abang-Depok. Ditambah lagi dengan bayangan sesampainya di rumah, brukk… bakalan langsung tepar di tempat tidur. Jadilah beberapa kali mata saya terpejam, dan di tengah perjalanan ituh saya pun tertidur tanpa sadarkan diri. Weits, nanti dulu, jangan bayangkan saya tertidur pulas sambil tetap mengendarai motor.. Kejadian ini hanya berlangsung beberapa detik saja, antara 2-3 detik, dan bisa terjadi beberapa kali. Alhamdulillah sampai saat ini, belum ada kejadian yang membahayakan, baik diri saya maupun orang lain.

Tapi saya menyadari sepenuhnya bahwa ini berbahaya. Dalam kondisi seperti itu biasanya saya coba untuk melawan rasa kantuk yang amat sangat itu, dengan dzikir, nyanyi-nyanyi ga jelas, sampe teriak-teriak sendiri kayak orang gila. Tapi dasar orang ngantuk, paling beberapa saat kemudian dah lupa lagi kesadaran untuk melawan ngantuknya itu hehehe..

Mungkin dari teman-teman blogger/pembaca ada punya pengalaman yang sama, dan ingin berbagi pengalaman, tentu juga diharapkan ada saran buat saya. Agar ke depannya hal ini tidak terulang lagi, karena tentu ini bisa sangat membahaykan diri saya sendiri maupun pengguna jalan yang lain. Terima kasih saya ucapakan sebelumnya.

 
24 Komentar

Ditulis oleh pada 11 November 2008 in artikel pribadi

 

Tag: , ,

24 responses to “Tidur di Atas Motor…

  1. gbaiquni

    11 November 2008 at 5:37 am

    kalo saya…, tidur di atas bis…😕
    eh salah…, di dalam bis, di atas
    jok tempat duduk:mrgreen:

    [senyum]🙂

    nAs:
    wah, itu mah enak mas,😀
    asal jangan kebablasan aja kaya sayah dulu:mrgreen:

     
  2. cita-cita

    11 November 2008 at 5:59 am

    saya juga kadang tidur, tapi di dlm bis or angkot, coz tak pakai motor.

    tertidur saat mengendarai motor?
    memang nikmat jika sedang lelah lalu tidur.namun sebaiknya dihindari ka,
    krn itu sangat berbahaya.sebaiknya berhenti dulu disuatu tempat untuk memejamkan mata,walau hanya 5-10 menit.sy rasa jika kita lelah or ngantuk berat, walau tertidur hanya 5 menit itu nikmat banget…
    ya..hati-hati saja, or jk lelah, tak usah futsal dulu. langsung plag, istirahat walau 1-2 jam, klo hawatir kebablasan, pasang alarm, pesan-pesan sm keluarga u?dibangunin.Insya Allah dgn azam yg kuat akn bangun.
    met mengatur waktu, semoga selalu dalam Rahmat dan perlindungan Allah swt.

    nAs:
    Iya mba, makasih atas sarannya, insya Allah…

     
  3. Ka Ros

    11 November 2008 at 6:09 am

    Beli mobil trus hire sopir….dah jadi solusi terbaik bukan?

    nAs:
    hahaha iya Ka Ros, bener juga ya,
    beres dah kalo gitu…😆

     
  4. wi3nd

    11 November 2008 at 7:00 am

    daku selalu tertidur di bus nAs..:)

    mmm..cukupkan waktu t!durna nAs,bahaya lo?klu da n9antuk ban9ed mampir bentar ke masjid terdekat trus tidur dech,ato pas nyamPe kTR tidur ajah bentar pas istirahat….

    titi dJ yakh..

    nAs:
    hya wi3nd, mang bahaya,
    iya d3h, nti daku cob4 istirahat di mesjid ajah dulu,
    makasih🙂

     
  5. Iko

    11 November 2008 at 10:07 am

    Hati2 kalau mengendarai motor….

    Saya saja trauma kalau mengendarai sendiri😀

    nAs:
    iya Iko, makasih…😀
    makasih dah mampir lagi…🙂

     
  6. achoey

    11 November 2008 at 11:49 am

    Wah jelas itu berbahaya
    Kalo saya sih ngantuk di mobil sering akhi🙂

    nAs:
    hehe iya kang,
    kalo di mobil mah enak kang, apalagi kalo ada supirnya..😆

     
  7. layanglayang

    11 November 2008 at 1:48 pm

    😆
    jadi inget lani kalo lagi naik motor n pulang malam. kadang juga suka gitu pak.. suka tidur beberapa detik😀
    kalo lani sich pak..
    pasti bawaannya nasyid-an or muraja’ah. tapi kalo udah ga bisa dilawan.. saya berenti sebentar untuk istirahat n biasanya tidur sebentar. kalo ga mampir ke warung untuk beli minum (kalo lagi ga bawa air).
    makanya sekarang suka ga boleh bawa motor, karna saya itu orangnya ngantukan, jadi kena angin sedikit bawaanya mo tidur. tapi anehnya kalo lagi bener2 ngantuk, jadi suka ngomong sendiri, biar ga terlalu ngantuk😆

    oya.. kalo ga coba beli mp3, mungkin lebih ngebantu..
    yang penting pak.. kalo lagi ngantuk, jalan pelan2..
    safety rider ok..!! 😉

    nAs:
    wah, lani sesama bikers juga nich…
    ok lan, makasih udah sharing, dan sarannya..
    iya nanti aku coba.
    safety rider juga yah…!!

     
  8. namada

    12 November 2008 at 8:31 am

    saia juga pernah, kalo pas pulang malem🙂
    tapi ya emang cuman sebentaran gitu😀

    nAs:
    wah ini lagi biker cewe yang suka ngebut..
    hati2 mada…

     
  9. grubik

    12 November 2008 at 9:42 am

    kalo gitu biasanya trus turun sebentar pasang posisi pura-pura ngebetulin motor, tapi mata merem alias tidur sejenak..

    nAs:
    hehee.. betulin motornya di pinggir jalan khan mas,
    coz kalo di tengah jalan nanti ditabrak dunk:mrgreen:
    ok makasih mas.

     
  10. aRuL

    12 November 2008 at 3:16 pm

    saya pernah mengalami seprti ini.. saya sampe tujuan ngak sadar ternyata dah nyampe😀 hehehe
    tapi saya jadi takut soalnya kejadian temanku nabrak trailer gara2 ngantuk…
    jadi ngak mau lain kali seperti ini

    nAs:
    wah bahaya banget ya mas kalo gitu,
    ok deh insya Allah nanti saya lebih hati2 lagi..
    makasih..🙂

     
  11. falla

    12 November 2008 at 4:06 pm

    waaaa serem sekali mas tidur di atas motor,, lagi jalan pula,,,!!

    ckckkc pengalaman menyeramkan..😀

    kalo saya sering ketiduran tapi pas di bonceng😀

    nAs:
    iya Fal, emang menyeramkan juga ya…
    kalo dibonceng mah bisa pegangan, kalo perlu diikat ajah..
    ok makasih…-)

     
  12. pakdejack

    12 November 2008 at 10:01 pm

    aq kalo ngantuk gak berani naik motor ato nyupir mas.. mending tidur dulu drpd bahaya..

    nAs:
    iya pak de, makasih..🙂

     
  13. syelviapoe3

    13 November 2008 at 4:11 am

    Aih..jangan terulang lagi, mas..
    Bahaya, tuh
    Beberapa waktu lalu, adik kelas put ketiduran *secara tidak sengaja* sambil bawa motor…kemudian dia kecelakaan..
    Aduh..putri sedih ngelihat dia, dipake-in selang2 gitu..
    Alhamdulillah sekarang dia sudah pulih…

    Kalo ngantuk, sebaiknya tidur dulu barang sejenak, mas…Pake weker biar bisa bangun tepat waktu..
    Ok ?

    nAs:
    wah, jadi ngeri juga ya put,
    ok put… makasih…🙂

     
  14. Ahmad Shadiqin

    13 November 2008 at 7:55 am

    Wah an juga pernah Kang……
    Tapi pas dibonceng….he……
    Ini waktu Arus balik setelah lebaran……
    setuju tuh komentarnya PakdeJeck….
    mesti digantungin ‘klencengan'(apaan nih???) kaya kuda kali ya…..he

    nAs:
    ok deh kang,
    siipp…🙂

     
  15. Nash

    13 November 2008 at 2:11 pm

    saya juga pernah mas… waktu saya nginep di kontrakan teman gw sempat tidur bersebelahan dengan motor, karena saking sempitnya ruangan teman saya itu, bahkan saya tidur pulas sampe pagi, dan motor tersebut tetap stabil berdiri karena sudah dipasang standar ganda… pengalaman saya ini sungguh sangat mengharukan…

    nAs:
    hahahahaaaa…😆
    saya sungguh terharu mas…😀
    lho terharu kok tertawa?:mrgreen:

     
  16. ariefdj™

    14 November 2008 at 3:43 am

    cari ‘sopir’ ajah mas.. jadi, kalo ngantuk, biar dia yang di depan.. soalnya, bahaya banget jika tertidur meski sekejap saja saat nyetir kendaraan, roda 2 maupun lebih..
    Jangankan tidur, ngelamun bentaran ajah bisa berakibat fatal, baik bagi diri sendiri maupun orang laen..
    Kalo motornya di parkir sih gpp, kali.. meski jadi ‘mengundang’ para preman atau penjahat.. hehe..

    nAs:
    iya pak, makasih sarannya…🙂

     
  17. semangatpersaudaraan

    14 November 2008 at 4:56 am

    keknya kalo pake mp3 bisa membahayakan juga pak, takutnya kalo ada orang teriak ato tanda bahaya kita malah ga denger. Kalo saya sih, seringnya cukup tidur 15 menit tuk menghilangkan kantuk, alhamdulillah efektif (saya kemana2 naek kereta, hehe, walaupun berdiri tetep aja bisa tidur😆
    buat orang kantoran kaya bapak, waktu istirahat bisa dimanfaatkan, abis sholat, tidur 10-15 menit. Insyaallah lebih efektif daripada tidur di motor 2-3 detik tapi ga jelas gt, hehe,

    nAs:
    gitu ya bu, ok deh makasih advicenya..
    tapi kok saya ndak kenal, ini siapa tho?😉

     
  18. v3

    15 November 2008 at 10:45 am

    belajar dari pengalaman, lain kali klo berkendara siap2 bawa bantal dech:mrgreen:

    nAs:
    hehehe… usul yang bagus…
    makasih dah mampir..🙂

     
  19. pipiew

    16 November 2008 at 8:41 am

    waduw, saya ga ngantuk aja bisa jatuh, aplg klo mengantuk (doh)

    nAs:
    hehehe, ga bisa bawa motor ya pi?

     
  20. yella

    17 November 2008 at 9:22 am

    mosyok ndak kenal tho sama semangatpersaudaraan?
    itu kannnn….
    hehe 😆

    nAs:
    oh ini tho orange..
    akhirnya menampakkan diri juga hehehe..😆

     
  21. athie

    22 November 2008 at 5:29 am

    kalo mo naek motor, ganjel aja matanya pake tusuk gigi (liat caranya di tom & jerry) hehehe

    nAs:
    hehe bisa aja ni athie…
    kartun banget sich…😀

     
  22. elge

    26 November 2008 at 11:01 am

    ha..ha..
    kalo aku, ya pitsop dulu (biar disangka F1)
    sekdar minum teh dalam botol..
    trus kalo nggk cuci muka pake air dari tas rangsel…(..)
    gitu…
    trus wuzzz…wuz…ampe rumah malah seger…walah……..

     
  23. inrasyad

    12 Desember 2008 at 3:15 pm

    Assalamu’alaikum

    Kang, add ane dong di jadi temen akang… ye ye..ye.. (Jazakallah)
    tidur di motor ye.. dah pernah tapi posisi dibonceng (bahaya juga kan… pernah juga ding waktu jemput ustadz tuk acara ql.. ngantuk berat tuh.. tapi cuma sekali.. hee..
    kalo yang sering itu tidur sambil berdiri kang.. kalo dah ngantuk berat suka tidur sambil diri (berdiri maksudnya)…
    blom ada saran sih kang.. kalo dah dapet.. kasih tau ya..
    Wassalamu’alaikum

    nAs:
    Wa’alaykumussalam wr wb
    hehe iya, afwan terlewat…😀
    sekarang sudah ada khan…?!?😆
    wah tidur berdiri, kok bisa ya?
    iya, nanti kasih tau ya..

     
  24. opphin

    26 Desember 2008 at 9:06 am

    wew…
    ak juga pernah mengalami kejadian yang sama dengan anda…
    waktu itu…abis subuh baru pulang,,karena kurang tidur,,ketiduran deh dijalan cuma beberapa detik aja,,,waktu itu kebangun gara2 mau nabrak becak…
    untungnya ga kejadian…
    hihihihi..itu cuma sekali aja,,,dan semoga tidak berulang,,,

    menurutku, kalo emang udah capek,,,mending tidur bentar..
    jangan mpe dipaksakan,,karena tau sendiri kan akibatnya,,,
    kalo emang susah bangunn,,,hmmm,,,itu dah masalah lain,,,banyak berdoa aja,,,biar bangunnya tepat waktu,,,kalo emang bener diniati pasti bisa,,,

     

Tinggalkan Balasan

 
