RSS

Enam Ketakutan Seorang Mukmin

13 Nov

Menjelang hati Jumat esok, hari yang paling utama dalam sepekan, saya ingin mengajak kepada kita semua untuk kembali mengisi ruhiyah masing-masing. Dengan sebuah taushiyah, kutipan perkataan dari salah seorang Khulafaur Rasyidin, Utsman bin Affan radhiyallahun anhu. Masih saya ambil dari majalah Tarbawi edisi 13 November, mengenai apa saja hal-hal yang seharusnya ditakuti oleh seorang mukmin.

Enam Ketakutan Seorang Mukmin

Seorang mukmin hendaknya takut pada enam hal,

  1. Takut kepada Allah, jangan-jangan Allah mencabut keimanannya.
  2. Takut kepada malaikat, jangan-jangan mereka menulis amal kita dengan catatan yang sangat memalukan jika dibeberkan pada hari kiamat.
  3. Takut kepada syetan, jangan-jangan mereka berhasil merusak amal yang kita kerjakan.
  4. Takut kepada malaikat Izroil, jangan-jangan ia mencabut nyawa kita saat kita lupa kepada Allah.
  5. Takut kepada dunia, jangan-jangan dunia itu telah membuat kita terlena sehingga kita melupakan urusan akhirat.
  6. Takut kepada keluarga sendiri, jangan-jangan mereka telah menyibukkan kita untuk memenuhi urusan mereka, sehingga kita melupakan ketaatan kepada Allah.

(Khalifah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu)

Semoga bisa menjadi bahan renungan untuk kita melalui hari-hari ke depan yang lebih baik. Amiin..

 
25 Komentar

Ditulis oleh pada 13 November 2008 in artikel pilihan

 

Tag: , ,

25 responses to “Enam Ketakutan Seorang Mukmin

  1. Farrel

    13 November 2008 at 7:59 am

    Wah, perlu direnungin nich….!
    http://ekomadjid.wordpress.com

    nAs:
    renungan buat semua…

     
  2. norjik

    13 November 2008 at 4:14 pm

    Subhanalloh, mksh info nya mas🙂

    nAs:
    alhamdulillah, sama2 mas.

     
  3. norjik

    13 November 2008 at 4:22 pm

    oh ya, blog ini sdh saya link. Jika berkenan saya tunggu backlink nya ya. Makasih🙂

    nAs:
    ok mas, sudah saya link…😀

     
  4. wi3nd

    14 November 2008 at 4:10 am

    *merenun9*
    iya..bener ju9a..

    makassiii..:0
    jumatan yiuukss..:)

    [oot]
    kok nda berhasil ya nAs,9ambarna?masih 9elap ju9a?tp di dasboard ada..bihun?? ech bin9un9..??

    nAs:
    lho, ikut jumatan juga wi3nd?
    iya tuh wi3nd, bihun juga aku, jadi penasaran..

     
  5. falla

    14 November 2008 at 4:14 am

    mas nasruni, kenapa kita harus takut kepada setan ya..??

    bukankan itu yang harus dilawan..?😀

    selamat menunaikan ibadah sholat jumat..

    nAs:
    takut disini maknanya waspada terhadap segal tipu daya syetan fal…
    ya sama-sama selamat jumatan juga, di Bogor waktunya sama tho?

     
  6. Muhammad Surya Ikhsanudin

    14 November 2008 at 4:29 am

    Assalamu’alaikum…..

    The Good Post..

    Salam kenal dari Gubug Mayaku

    Terima kasih sharing ilmunya

    nAs:
    wa’alaikumsalam
    salam kenal juga mas,
    sama-sama.

     
  7. semangatpersaudaraan

    14 November 2008 at 5:04 am

    dah lama ga beli tarbawi😆
    sharingnya sangat membantu🙂

    nAs:
    beli lagi dunk bu…😉

     
  8. Menik

    14 November 2008 at 5:11 am

    Semoga kita semua tidak akan lupa akan hal-hal tersebut …

    nAs:
    amiinn..
    makasih bun, udah mampir..😀

     
  9. namada

    14 November 2008 at 5:41 am

    terima kasih nasihatnya..berguna sekali..🙂

    nAs:
    sama-sama mada..🙂

     
  10. syelviapoe3

    14 November 2008 at 7:25 am

    Hm…
    betul..betul..*gaya upin-ipin*

    nAs:😀 ada penggemar upin juga…

     
  11. indra1082

    14 November 2008 at 8:52 am

    Semoga aku menjadi Orang Yang selalu takut kepada Allah Subhanahu Wata’ala…

    nAs:
    amiinn ya rabbal alamiinn..

     
  12. cita-cita

    14 November 2008 at 10:00 am

    semoga rasa takut kita kepada 6 hal itu, menjadikan kita untuk snantiasa ber-Dzikrullah.
    Wahai Allah….
    teguhkan keimanan&ketaqwaan kami kepada_MU
    dan matikanlah kami dalam keadaan khusnul khotimah.
    terima kasih

    nAs:
    amin ya rabbal alamiin…

     
  13. ciwir

    14 November 2008 at 10:13 am

    terima kasih pencerahannya…
    http//:www.kaum-biasa.co.cc

    nAs:
    sama-sama bang ciwir..
    makasih dah mampir, blog kaum biasa bagus..🙂

     
  14. norjik

    14 November 2008 at 10:16 am

    sdh sy link di bagian bawah, sy kelompokan kedalam SOBAT BLOGGER dg nama “NASRUNI”. Oke makasih mas🙂 Sukses !

    nAs:
    oh iya siippp… sukses juga!🙂

     
  15. Ka Ros

    14 November 2008 at 11:31 am

    Hmmmh,internet kantor error dr pagi,jd hlg deh ksmptn komen wahid…..point no.5 mengingatkan sy atas kegagalan sy menjlnkan prog.sholat tepat waktu….kyknya hrs install software adzan di razr sy,soon…

    nAs:
    error ya ka ros, di lt 6 ngga dunk🙂
    ya, mudah2an ka ros bisa shalat tepat waktu selalu, upin juga, amiin…

     
  16. layanglayang

    14 November 2008 at 4:15 pm

    belajar pelan2 tapi pasti..
    belajar takut untuk menjadi baik..

    nAs:
    sippp, ayo mari kita belajar bersama..🙂

     
  17. enggink

    14 November 2008 at 4:42 pm

    dari 6 tadi yang paling saya takuti ya Allah, semoga kita semua termasuk dalam golongan mukmin

    nAs:
    hya mas, amin yaa rabbal alamin..

     
  18. afwan auliyar

    15 November 2008 at 6:10 am

    memang ketakutan2 itu shrusnya hanya takut kepada Nya saja🙂

    nAs:
    hmmm.. betul betul betul…

     
  19. budi

    15 November 2008 at 9:42 am

    siraman rohani yang patut direnungkan
    terimakasih atas pencerahannya

    nAs:
    ya mas budi, sama-sama🙂

     
  20. yudios

    15 November 2008 at 4:14 pm

    takut jika melakukan dosa, sedangkan kita tidak menyadarinya.

    nAs:
    hya yud, itu yang menakutkan..😦

     
  21. pipiew

    16 November 2008 at 8:18 am

    iya ya..seringkali terlupa, karena terlalu asyik dengan duniawi..😦

    nAs:
    ketika tersadar, mesti beristighfar..

     
  22. ricnes

    18 November 2008 at 9:53 am

    bnr kata khalifah utsman ra.
    kita hrs takut…
    klo ga tkt nnti bs jadi takabur dan smbng deh…
    akhir2na…syirik…

    nAs:
    maaf mas, panggilan untuk khalifah utsman saya edit,
    coz sudah menjadi adab kita untuk menghormati orang yang dimuliakan Allah dan Rasulullah.
    pake hp ya mas? soale kata2nya disingkat2 gitu.
    betul mas,
    salam kenal.

     
  23. chandra61

    25 November 2008 at 2:51 pm

    posting yang yahud…
    btw punya blognya arifin ilham gak….

    nAs:
    makasih mas,
    wah saya ngga ada mas,
    eh ngga tau maksudnya..😀

     
  24. wahidin "azzahra"

    25 Januari 2009 at 4:19 pm

    ia juga buat bahan renungan dech..mksh

     
  25. Wahyu

    12 September 2009 at 4:28 pm

    Sayah baru sadar! Makasih y, tlh menyadarkanku

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: