RSS

Ketik REG SPASI DUDULZ

17 Nov

Ketik Reg spasi manjur, ketik reg spasi ampuh, ketik reg spasi primbon, dan ketik reg spasi-spasi yang lainnya. Itulah kata-kata dalam banyak iklan yang ditayangkan di stasiun-stasiun tv kita saat ini. Ada lagi yang menayangkan sebuah dialog antara ‘orang pintar’ dengan seorang yang sedang bekerja, kemudian si orang pintar tadi bertanya kepada orang yang sedang bekerja itu, kamu lahirnya kapan, yang ditanyapun menjawab, Selasa kliwon. Si orang pintar kemudian mengatakan, kamu tidak cocok kerja di air, kamu cocoknya kerja di bla.bla.bla…. Kalian tau khan yg dimaksud? Nyebelin banget tuh iklan (hehehe.. kok gaya bahasanya jadi begini,,?!?) Dan anehnya lagi, begitu banyak iklan sejenis yang berseliweran setiap hari di tv-tv kita itu. Tidak hanya malam hari, pagi, siang sore ada ajah ragamnya.

Memang saya belum pernah melakukan semacam survey, seberapa besar respon masyarakat terhadap iklan-iklan ini. Artinya respon masyarakat yang sudah terpengaruh untuk ‘mengiyakan’ atau menyetujui, bahkan sampai mempercayai apa yang disampaikan dalam iklan tersebut, tentunya dengan mengirim SMS ke nomor yang tertera. Tetapi menurut pengamatan saya (boleh dong mengaku sebagai pengamat), dengan banyaknya waktu tayang iklan-iklan tersebut, sudah membuktikan bahwa mereka (si pemasang iklan) telah mendapat hasil yang juga lumayan besar, artinya respon masyarakat yang kemudian ‘terpedaya’ untuk mengirimkan sms juga cukup besar. Menyedihkan.

Saya tidak memungkiri bahwa masyarakat kita sebagian besarnya masih banyak percaya pada takhayul, jimat, khurafat, dan sejenisnya. Tidak hanya pada masyarakat yang kurang pendidikan, tapi juga yang sudah mengaku modern di daerah perkotaan dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Belum lama masih terngiang dalam ingatan kita, pernah mendengar beredarnya isu sms santet. Handphone, yang notabene adalah alat komunikasi canggih, masih juga dihubung-hubungkan dengan isu-isu santet segala. Anehnya lagi masih banyak masyarakat yang ketakutan dan terpengaruh pada isu ini. Ironis.

Sungguh menyedihkan, karena semua ini sudah masuk ke dalam kawasan aqidah. Percaya kepada peramal, percaya kepada dukun, percaya dengan segala bentuk ramalan bintang adalah haram hukumnya. Bahkan ada sebuah dalil yang menyatakan bahwa saking haramnya, hingga sekedar bertanya kepada peramal tanpa percaya pun sudah termasuk syirik. Mungkin mereka atau bahkan ada di antara kita yang pernah ikut-ikutan untuk membaca ramalan-ramalan bintang hanya untuk iseng atau having fun saja. Tapi ya itu tadi, kasusnya sama, ini bisa dikategorikan ke dalam syirik. Syirik adalah salah satu dosa besar yang sulit diampuni oleh Allah SWT. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mendatangi dukun, dan menanyakan tentang sesuatu lalu membenarkannya, maka tidak diterima shalatnya 40 hari.” (HR Muslim 4/1751)

Ramalan bintang atau zodiak itu sebenarnya bersumber dari mitos Yunani yang dahulu disuplai oleh syetan. Budaya Yunani kuno itu menerima kabar dari syetan dengan jalan melihat letak bintang untuk menentukan atau mengetahui peristiwa-peristiwa di bumi, seperti letak benda yang hilang, nasib seseorang, dan lain-lain. Inilah yang disebut dengan ilmu perbintangan atau tanjim. Silahkan buka surat Al Hijr ayat 16-18.

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang, dan kami menjaganya dari tiap-tiap syetan yang terkutuk, kecuali syetan yang mencuri-curi yang dapat didengar lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang. (QS Al Hijr:16-18)

Rasulullah SAW bersabda, “Kemudian melemparkan benda itu kepada orang yang di bawahnya, sampai akhirnya kepada tukang sihir atau dukun. Terkadang setan itu terkena panah bintang sebelum menyerahkan berita dan terkadang berhasil. Lalu setan itu menambah dengan seratus kedustaan. (HR Bukhari dari Abi Hurairah ra.)

Berdasarkan dalil-dalil di atas, dibenarkan bahwa syetan memang telah mendengar sebagian apa-apa yang telah ditakdirkan oleh Allah, kemudian mereka menyampaikan kepada manusia melalui para dukun dan tukang sihir. Sehingga sebagian manusia-manusia itu percaya, setelah percaya dan terpengaruh, kemudian syetan terus memperdaya mereka dengan kedustaan-kedustaan lain sehingga mereka mengikuti langkah-langkah mereka. Sungguh, syetan adalah musuh yang nyata bagimu. Naudzubillah min dzalik. Mudah-mudahan kita bukan termasuk dalam golongannya.

Saya tidak meragukan ilmu-ilmu yang memang dilandasi oleh suatu yang sifatnya ilmiah, seperti prakiraan cuaca dan gempa, yang memang dihitung berdasarkan data-data ilmiah yang ada dan tercatat di lapangan, tapi itupun sifatnya hanya prakiraan, bisa tepat bisa juga tidak tepat. Dan hanya Allah yang akan menentukan apa yang akan terjadi di depan. Dengan ilmu itu, kita hanya bisa berikhtiar untuk menghindari atau meminimalisir bencana dan kerugian. Wallahu’alam bishawab.

Saya menulis ini adalah sebagai bentuk keprihatinan pada kondisi sebagian masyarakat kita yang menurut saya masih perlu diluruskan dalam hal akidahnya. Agar pembaca tidak bosan dan jenuh, saya tidak akan berpanjang lebar lagi, hanya ingin share, mungkin ada di antara pembaca yang punya pengalaman tentang hal ini. Mungkin ada yang pernah ikut-ikutan SMS, membaca, bahkan mempercayai ramalan-ramalan dan sebagainya. Atau mungkin ada teman atau saudaranya yang ‘bermasalah’ dengan hal ini. Atau juga yang memiliki pendapatan eh pendapat yang berbeda. Silahkan berbagi disini dengan mengisi kolom komentar dibawah. Saya ucapkan terima kasih sebelumnya. Wassalam.

 
31 Komentar

Ditulis oleh pada 17 November 2008 in artikel pribadi

 

Tag: , , , ,

31 responses to “Ketik REG SPASI DUDULZ

  1. Ka Ros

    17 November 2008 at 3:35 am

    Hmmhh…setuju, nasib kita Allah jualah yang menentukan, tapi iklan itu jadi buat lucu-lucuan sih kayak iklan Flexi yang baru kan plesetan dari itu🙂.Pin, kalo percaya karakter berdasar zodiak gitu haram juga gak? coz Ka Ros sering tuh berusaha mengenali seseorang berdasar zodiaknya, abis kadang-kadang cocok…..

    nAs:
    ya sama aja Ka Ros, itu ga boleh juga,
    kalo kemudian benar/cocok itu hanyalah tipu daya syetan aja.
    jadi jangan diulangi lagi ya ka ros,
    kalo mau mengenali seseorang ya kenalan aja or lewat orang yg bisa dipercaya ajah ok.

     
  2. @L-@bRor

    17 November 2008 at 4:39 am

    di Indonesia..syirik dah dipromosikan macam reg_manjur itu..malah dilestarikan dan dipomosikan atas nama budaya terutama seperti pulau jawa

    nAs:
    iya tuh mas, primbon katanya.
    padahal sama aja..

     
  3. cita-cita

    17 November 2008 at 7:40 am

    Astaghfirullah….
    memang begitu banyaknya tayangan berbau syirik. Pernah juga teman saya bertanya tentang sms yang isinya diantaranta, jika tidak mengirimkan kpd 10 orang maka akan celaka, persis seperti selebaran2 yang isinya syaikh bermimpi, lalu yg membacanya harus memperbanyak&menyebarkannya, jika tidak, akan begini & begitu.
    padahal segala sesuatu yang terjadi itu adalah Qodarullah 9semua ketentuan Allah).
    semoga qita terhindar dari perbuatan syirik dan yang mendekatinya.

    nAs:
    iya tuh, kasusnya berbeda, tapi initinya sama aja,
    membahayakan akidah,
    perlu diberitahu secara baik-baik.

     
  4. cita-cita

    17 November 2008 at 7:50 am

    subhanallah… wal hamdulillah…
    oleh karena itu, berilmu pengetahuan terutama (agama/aqidah) sangatlah penting.
    Sesungguhnya orang-orang yang berkata,”Tuhan kami adalah Allah”kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqomah), maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka dengan berkata),”janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) syurga yang telah dijanjikan.(QS:Fushshilat:30)

    wahai Robb yang membolak-balikan Hati,
    teguhkanlah hati kami dalam Dien-MU dan keta’atan kepada-mu serta keindahan bertawakkal kepada-MU

    terima kasih

    nAs:
    amiin Allahumma amiin..

     
  5. yella

    17 November 2008 at 9:29 am

    saya dah dapet materi ini nih, alhamdulillah ditambahin lagi, jadi lengkap deh😆

    nAs:
    bukan materi waktu di talkshow bloggor khan bu?😉

     
  6. achoey

    17 November 2008 at 1:38 pm

    Reg spasi hati aja deh
    Hari gini😀

    nAs:
    hihi…
    hareee genee… percaya ma begituan..:mrgreen:

     
  7. nAsruni

    17 November 2008 at 1:59 pm

    hehe, dua pentolan blogor kumpak aja nich..😆
    (itu dua komentator di atas)

    nAs:
    yaeyalah pin,
    kapan bikin blogger depok? (ngarep mode on)

     
  8. layanglayang

    17 November 2008 at 2:15 pm

    pengalaman ya pak..?!?
    pernah tu pas smk dulu.. banyak temen2 yang baca n percaya sama bintang or zodiak kalo ga salah namanya..
    udah dibilangin kalo itu g boleh, tapi teteup aja.. sampe2 sempet juga marahan sama temen😦
    mungkin cara saya waktu itu salah..
    alhamdulillah.. sekarang insyaAllah lebih baik..🙂

    saya juga bingung pak.. kenapa mereka yang jelas2 pinter.. tapi teteup aja percaya sama yang begitu..
    banyak juga arsitek yang bangun gedung, mereka ngelewatin angka 13. jadi kadang kita bisa liat di banyak gedung di Indonesia itu lantai 13 nya ga ada.. 🙄
    na’udzubillah..

    nAs:
    jangankan dulu, sekarang juga masih banyak lan.
    iya tuh ada lagi, istilahnya feng shui,
    padahal sama aja intinya…

     
  9. achfall

    17 November 2008 at 3:48 pm

    mungkin karna sugesty kali ya om, mereka jadi percaya..!!
    saya sih terus terang dari awal ga penah pecaya yang kek gituan..
    udah di tanamkan dari kecil kali ya jadi untuk urusan beginian saya paling takut…!!

    cukup Allah buat saya bersandar..
    itu saja..

    makasih udah di ingetin mas..

    nAs:
    waduh, masak dipanggil om,
    syukurlah kalo falla ga ikut2an,
    benar, cukup Allah bagiku (lagunya Opick)

     
  10. Rindu

    17 November 2008 at 4:11 pm

    ketik REG spasi RINDU … lihat keajaiban apa yang akan terjadi.

    eng ing eng …🙂

    nAs:
    eng ing eng.. muncullah perempuan dari kebun hikmah🙂

     
  11. hanggadamai

    17 November 2008 at 5:00 pm

    @ mbak rindu: mending ketik Reg spasi Hanggadamai:mrgreen:

    nAs:
    mas hanggaaaa…
    minta kaos panitia acara talkshow bloggor kemaren dunk…

     
  12. Iko

    18 November 2008 at 1:23 am

    Iko kadang masih suka baca2 zodiak tiap minggunya di majalah, tapi gak lantas mempercayainya begitu saja koq….

    Kalau ada yang bagus sih percaya hihihi….

    nAs:
    yah, mendingan ga usah baca aja kali Iko…
    apalagi percaya, ga boleh tu…

     
  13. syelviapoe3

    18 November 2008 at 3:56 am

    he-eh..he-eh…

    nAs:
    apanya put yang he-eh?😆

     
  14. ricnes

    18 November 2008 at 9:42 am

    benar bgt tuh….
    jgn smpai kita terjerumus….
    ky jg smpat brpikiran yg sm bhwa tu iklan pasti bnyk yg percaya terbukti
    mkn bnyk dukun yg bikin iklan yg sama
    tp ky jg mau nanya sm spt kak era tuh….syirik jg ga???
    atu lg setan tu rajana bigos….
    hehhehe….

    nAs:
    ky, milanisti juga yah?
    ya, itu sudah dijawab di atas…

     
  15. ricnes

    18 November 2008 at 9:44 am

    eh ada yg slh ding…
    kak ros mksd ky…
    dgn ini kslhn tlah dperbaiki…
    thax….

    nAs:
    ok.

     
  16. balladona

    18 November 2008 at 12:10 pm

    haha
    itu mungkin salah satu strategi bisnis zaman sekarang. mengesampingkan norma, menomorsatukan profit.
    haduh

    nAs:
    hya don (eh sok akrab banget), buat mereka dunia adalah segalanya…😦

     
  17. Ka Ros

    18 November 2008 at 2:35 pm

    upin,ka ros br baca:brgsiapa yg mendtgi paranormal dan mempercayai ramalannya,shalatnya tdk akn diterima Allah slm 40 HARI.HR Ahmad:4/68(dpt ni hadis dr buku quantum changenya Amru Khalid) Naudzubillah min dzalik…

    nAs:
    iya ka ros, itu khan di tulisannya juga sudah ada,
    cuma beda kitab aja, sumbernya sama.
    widih selamat membaca ya ka ros..😆

     
  18. sukma

    18 November 2008 at 2:56 pm

    KETIK : REG spasi RAMAL. Kirim ke xxx
    wah, kayaknya anda ndak cocok kerja jadi blogger, apalagi kerjaannya blogwalking, mending jadi peramal aja… hehehe.. guyon pak…

    nAs:
    hihihi…
    saya senengnya blogjogging aja pak.🙂

     
  19. yella

    18 November 2008 at 3:47 pm

    blogornya udah nambah lagi tu pak, pupuhu blogor, hehe

    nAs:
    hihihi.. iya neh bloggor pada merapat ke sini.
    jadi seneng kedatangan tamu dari blogor..😀
    kapan ya bisa ikutan partisipasi di Blogor..?

     
  20. Rita

    18 November 2008 at 11:45 pm

    Itu strategi bisnis tanpa mempertimbangkan side effect-nya..:D

    nAs:
    iya mbak, menyedihkan😦

     
  21. Iko

    19 November 2008 at 2:38 am

    oke,.. nanti Iko link back yaaa

    nAs:
    ok deh Iko, thanx yah..🙂

     
  22. achoey

    19 November 2008 at 2:41 am

    semangat!

    nAs:
    eh.. sampe ditegur ama kang achoey,
    gara-gara kelamaan ga posting ya kang?
    maaf kang, insya Allah segera update🙂

     
  23. Farrel

    19 November 2008 at 3:52 am

    Hari gini masih percaya yang begituan…? Ga bgt dech…

    nAs:
    hehe iya neh mas.. sedih😦

     
  24. namada

    19 November 2008 at 5:24 am

    hehe..terinspirasi dari posting saia ya bang??:mrgreen: ^joke

    nAs:
    hehe.. padahal saya belom baca postingannya mada lho,
    tapi emang sudah ditakdirkan begitu mada😆

     
  25. FaNZ

    19 November 2008 at 9:14 am

    saya mah g percaya sama reg reg an gtu..😀

    nAs:
    hehe baguslah😀

     
  26. idawy

    19 November 2008 at 10:43 am

    Hmmmmm…
    sayapun sempat tergerak, sekedar pingin tau, yg reg spasi jodoh itu loh…

    tp krn saya lebih sayang pulsa dibanding rasa pingin tau saya jdnya yaaaa ga jadi hihihihi😆

    nAs:
    wah.. jangan begitu donk mba pimbem..
    eh salah ya,
    udah berubah, eh pindah rumah ya?

     
  27. gbaiquni

    19 November 2008 at 12:23 pm

    [OOT or oon mode is on]

    kalo REG (spasi) DUDULZ itu dikirim kemana yah…?
    maksudnya ke nomer berapa…?
    hehehe:mrgreen:

    harusnya hal-hal seperti ini mendapat perhatian lebih…, karena terkait dengan Aqidah…
    semoga kita semua selalu berada dalam Aqidah yang Haq

    [senyum]🙂

    nAs:
    iya pak, heran juga KPI ga bertindak,
    amin allahumma amiin..

     
  28. wi3nd

    20 November 2008 at 5:40 am

    fur fun ajah..
    tapi daku seeh pal!n9 nda percaya ma y9 be9itu2..apala9i sampe ketik re9 spasi..blaa..bla..

    mend!n9 wat sms ke up!n ajah dech ehheh..

    nAs:
    hehe emang upinnya udah punya hape ya?😉

     
  29. mujahidahwanita

    20 November 2008 at 9:11 am

    yah…sekarang banyak orang nggak percaya dengan kebesaran Tuhan

    Mereka lebih memilih peramal dari pada Tuhan

    Padahal pengetahuan peramal datangnya dari Tuhan juga

    mungkin ini karena faktor kebanyakan dari manusia tidak bisa berkomunikasi langsung dengan Tuhan

    Salam

    nAs:
    wah benar juga tuh mba, interaksi dengan quran juga perlu ditingkatkan,
    sudah banyak yang meninggalkannya tuh..
    salam juga..🙂

     
  30. BABAB

    22 November 2008 at 12:21 am

    Assalamu’alaikum
    Setuju banget..!
    Saya juga udah nulis ttg ini di
    http://peranap-babab.blogspot.com

    nAs:
    Wa’alaikumsalam
    ok mas, setujuuuu…

     
  31. haspiansyah

    9 September 2009 at 3:43 am

    smoga Allah menghancurkan kesyirikan di muka bumi ini melalui tangan pemimpin kaum muslim yg Allah cinta kpdanya dan mencintai Allah dan Rasulullah SAW

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: