RSS

Membentuk Kepribadian dengan Tiga Hal

25 Nov

“Temukan kepribadianmu dengan melakukan tiga hal berikut. Pertama, jadilah manusia paling baik di sisi Allah. Kedua, jadilah manusia paling buruk dalam pandangan dirimu. Dan ketiga, jadilah manusia biasa di hadapan sesama manusia.”

(Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu)

Sebuah nasehat dari Khulafaur Rasyidin, Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Apa yang kemudian terlintas di benak kalian ketika membacanya?

 
24 Komentar

Ditulis oleh pada 25 November 2008 in artikel pilihan

 

Tag: ,

24 responses to “Membentuk Kepribadian dengan Tiga Hal

  1. Ka Ros

    25 November 2008 at 9:38 am

    Mengomentari dengan tiga hal:Pertama, artikel yang sangat singkat tapi isinya padat dan langsung pada intinya, Subhanallah.
    Kedua, nasihat yang bagus, Alhamdulillah sudah di share disini dan Insya Allah dibaca minimal 70.000 pengunjung blog ini. Ketiga,lay out artikel serasi dengan blog-nya dan memberi variasi baru dari postingan2 lainnya.

    nAs:
    dibaca 70.000 pengunjung? amiin… tapi butuh waktu beberapa tahu tuh Ka Ros..:mrgreen:

     
  2. falla

    25 November 2008 at 12:33 pm

    kang nasihat yang ketiga itu yang selama ini saya pelajari..
    nasihat pertama itu yang membuat saya malu.. saya tak pernah berpikir menjadi manusia terbaik di hadapan Allah, saya selalu berbuat hal yang tak disukai Allah,,

    makasi kang, setiap masuk ke blog ini selalu dapet pelajaran..

    tetap saling mengingatkan..

    nAs:
    yup, saling mengingatkan,
    sama-sama belajar…🙂

     
  3. cebong ipiet

    25 November 2008 at 2:01 pm

    singkat padat, bermakna

    nAs:
    betul3x…🙂

     
  4. enggink

    25 November 2008 at 4:08 pm

    “Apa yang kemudian terlintas di benak kalian ketika membacanya?”
    hmmmmm….. termenung, termenung dan termenung lagi terus komen

    nAs:🙂

     
  5. layanglayang

    25 November 2008 at 7:22 pm

    mmm… apa yach..?!?🙄

    kalo yang pertama.. insyaAllah selalu terus berusaha belajar untuk menjadi manusia yang baik..
    yang kedua.. kalo yang ini.. insyaAllah..
    yang ketiga.. saya cuma manusia biasa.. tempatnya salah n khilaf..😦

    jadi berpikir setelah baca komen ka Ros.. iya tuch.. pak.. layoutnya begimana cara bikinnya..?!?

    nAs:
    layoutnya? hmmm…
    sepertinya hanya jika dan jika hanya menggunakan themes ini dah lan😉
    itu menggunakan paragraf penajukan lan, jadi keluarnya seperti itu.

     
  6. gbaiquni

    25 November 2008 at 10:34 pm

    introspeksi diri…
    mengukur diri…
    apakah telah termasuk dalam kategori…

    [senyum]🙂

    nAs:
    semoga..
    senyumnya gbaiquni ini khas..🙂

     
  7. wi3nd

    26 November 2008 at 4:55 am

    berpikir,melihat diri,instropeksi
    sudahkah menjadi ato memiliki kepribadian seperti tsbt?

    duch…perenun9an neeh nAs,bener2 menohok..trimakasiih…

    nAs:
    kita berusaha ke arah sana wi3nd..

     
  8. Rindu

    26 November 2008 at 11:03 am

    Tertampar untuk saya yang kadang dan sering merasa diri lebih alias narsis …

    nAs:
    sakit ga mba tertamparnya..?😉

     
  9. namada

    26 November 2008 at 1:17 pm

    tertampar…
    saia belum bisa seperti itu.
    saia terkadang tinggi hati, menganggap saia udah baik, bla bla bla..dan ingin tampil wah didepan orang lain😦
    terima kasih yaa bang

    nAs:
    wah satu lagi nih yang tertampar, padahal saya ga maksud nampar siap2 loh..😉

     
  10. yella

    26 November 2008 at 2:47 pm

    sulit dijangkau, tapi bisa dijangkau andai di dalam diri kita ada jiwa pembelajar yang selalu ingin belajar memperbaiki kesalahan, belajar sepanjang hayat, insyaallah tercapai ketiga hal diatas🙂

    nAs:
    nAsruni, Upin dan Ipin juga seorang pembelajar…😉

     
  11. yellashakti

    26 November 2008 at 2:49 pm

    saya sendiri belom bisa mencapai ketiganya,,:mrgreen:

    nAs:
    masa sih?
    suka merendah ni ibu kita…😉

     
  12. ricnes

    27 November 2008 at 11:21 am

    ga salah ky main kesini
    makasih bang
    ayo usaha sama2
    semangat….

    nAs:
    sering2 ya maen kesini🙂
    ayooo…
    semangadh..!!!

     
  13. saya

    27 November 2008 at 5:29 pm

    kalo yang lain cuma tertampar..
    saya berasa babak belur nih..
    kita memang sering ngga sadar sampai ada sesuatu atau seseorang menyadarkan kita.
    terima kasih sudah menyadarkan saya..

    nAs:
    wah kok babak belur?
    jadi ga enak niy.. hehe:mrgreen:
    sama2…

     
  14. yodama

    28 November 2008 at 10:05 am

    mencoba menemukan kepribadian (sebagaimana nasehat Khalifah) dlm ‘makna’ yg sebenarnya. Bkn mobil pribadi, rumah pribadi, asisten pribadi….:mrgreen:

    *merenung*

    nAs::mrgreen:
    wah lama ga mampir neh…😉

     
  15. Sassie Kirana

    4 Desember 2008 at 11:32 pm

    Sie merasa belum bisa ada diposisi yang pertama, kalau yang kedua astagfirullah sie merasa masih sering lupa, yang ketiga Insya Allah akan selalu berusaha diterapkan.

    Terima kasih sudah mengingatkan.

    Maaf agak telat berkunjung.

     
  16. anti

    14 Januari 2009 at 2:56 am

    Assalamu’alaikum kak…
    Wah nech tulisan bikin anti bener – bener harus koreksi diri.
    Hmmmm, tulisannya oke dan merasuk dalam jiwa. hehe
    Thanks ya kak..

     
  17. ayu

    25 April 2009 at 12:51 pm

    assalamua’alaikum.

    mau tanya dong, dpet kode html YM dari mana ?
    mau juga dong !🙂

     
  18. boy

    18 Maret 2010 at 12:02 pm

    kok yang di bicarakan theory sich…?tahu gak hidup itu kompleks. hanya pada allah saja kurang. jika keinginan kita udah tercapai semua, saya yakn kita akan menjadi lebih baik. mendingan ikuti keinginanmu, hingga kamu puas. baru setelah itu kamu akan tahu betapa indahnya semua setelah kita dpatnkan segalanya.
    kalo hanya teori baca di semua kitab suci itu sudah banyak. yang belum tahu kan lapanganya bgaimana……………………………………………………..saya paling benci kalo dikaitkan dengan agama. agama itu suci dan tidak boleh dikotori oleh mulut manis manusia.CUMA BISA NGOMONG N PRAKTEKNYA NOL

     
  19. arkan

    19 Juli 2011 at 10:34 am

    Rasanya sulit untuk kita merasa terbaik disisih Alloh, jika selama ini kita berada dikubangan dosa.

     
  20. wiwik dwi.m

    9 Desember 2011 at 9:02 am

    alkhamdulilah each sesuatu yg snkat tp brmakna……..

     
  21. Anyzcha Diligentchild

    9 Desember 2011 at 9:09 am

    wahh, untuk yang baik disisi allah rasanya sulit,karena kita gak pernah menyadari apa yang telah kita lakukan.entah tu baik ataupun buruk.Pokoknya waallahua’lam sajalah

     
  22. indriawanstiawan (@indriawan_JF)

    26 Mei 2012 at 7:48 am

    super sekali nasehatnya

     
  23. indriawanstiawan (@indriawan_JF)

    26 Mei 2012 at 7:51 am

    semua pasti sulit karna manusia memiki nafsu ,,.. /
    namun bila membulat tekad 100% maka itu akan merubah nasib kita lebih jelas,..

     
  24. motivator Indonesia

    11 Juli 2012 at 11:19 am

    Selalu berusaha untuk menjadi manusia paling balik dihadapanNya, namun kadang di tengah usaha itu muncul perasaan “aku yang terbaik diantara yang lain”, hhhmmm…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: