RSS

Mp3 Ceramah Seri 01: Ust. Ihsan Tandjung

13 Agu

Bagi yang sering berkunjung ke situs eramuslim, pasti sudah tidak asing dengan ustadz Ihsan Tandjung. Saya memiliki beberapa koleksi rekaman ceramah beliau ketika mengisi acara di RCTI, Tafsir Fi Dzilali Quran beberapa tahun lalu, dalam format MP3. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada kita semua, rekaman ceramah beliau itu.

Tafsir QS Al Baqarah 152

Al Insyirah

Al Maaidah 82-86

An Nissa 1

An Nissa 117-120

Hakekat Taubat

Iman dan Persaudaraan

Inner Beauty

Islam Agama Damai

Kaum Munafik

Kawin Beda Agama

Kebusukan Yahudi

Memenuhi Akad

Menikmati Hasil Ujian

Rahmat Bagi Lingkungan

Tujuan Penciptaan Manusia

Semoga Bermanfaat.

About these ads
 
47 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Agustus 2008 in download

 

Tag: , , , ,

47 responses to “Mp3 Ceramah Seri 01: Ust. Ihsan Tandjung

  1. zizah

    18 Agustus 2008 at 12:51 am

    Ass..makasih pak..atas mp3 ceramahnya, insyaalloh bnyk manfaatnya

     
  2. nAsruni

    18 Agustus 2008 at 2:21 am

    sama-sama bu :-)

     
  3. wowo

    19 Agustus 2008 at 6:14 am

    assw. Alhamdulillah ana dapat banyak pencerahan dari ceramah Ust Ihsan Tanjung. JazakLLH.

     
  4. Rochmadi

    20 Agustus 2008 at 6:20 am

    Bagus sekali mp3 ceramahnya kalau bisa untuk ceramah-ceramah nanti selama Ramadhan sampai akhir dapat di sajikan dalam mp3 lagi agar bisa di download bagi yang membutuhkan, mudah-mudahan dapat menjadikan amal terbaik bagi kita semua, amin

     
  5. nAsruni

    20 Agustus 2008 at 10:57 am

    insya allah pak, masih ada beberapa koleksi saya yang akan diposting, ditunggu saja yah…

     
  6. Damairi Usman

    28 Agustus 2008 at 6:53 am

    Assalamu’alaikum warahmatullah….
    Syukran, ana telah download abis semua tausiyah ustadz ikhsan tanjung. Semoga antum senantiasa diberkahi Allah dan materi yang ana download menjadi ilmu yang bermanfaat. Barakallah.
    Wassalamu’alaikum warahmatullah…

     
  7. nAsruni

    28 Agustus 2008 at 7:49 am

    Alaikumussalam warahmatullah…
    Alhamdulillah, sejuk sekali kalo didengarkan pas bulan puasa nanti, sambil mengiringi kerja kita, atau sambil menunggu waktu berbuka..

    Mungkin perlu juga halaman blog ini disebarkan melalui milis2 pak..
    btw terimakasih doanya, saya aminkan ya pak.. :-)

     
  8. Ahmad hamdalah

    3 September 2008 at 9:59 am

    terima kasih banyak saudaraku, telah lama ana ingin mendengarkan tausiyah2 dari ust. Ihsan tanjung tapi karena ana kurang info ttg jadwal ceramah beliau jadinya ana banyak sekali ketinggalan mendengarkan ceramah/tausiyah2 beliau. saya senang sdr telah membahagiakan ana dengan karya ini, semoga d masa yg akan dtg MP3 ceramahnya terus bertambah. smg Allah membalas semua kebaikan sdr dg sebaik2 balasan. amiiin………….

    nAs:
    sama2 pak, amien, terimakasih doanya pak,
    insya Allah, buat yg mau share mp3 ceramah yg lainnya, saya persilahkan.

     
  9. didikamal

    17 September 2008 at 3:54 pm

    ana ingin banget ngedownload ceramah ustad
    tapi ana ga bawa plasdish
    mungkin nanti lain kali

    nAs:
    insya Allah nanti kesini lagi,
    masi tau khan jalannya? :-)

     
  10. iwan

    19 September 2008 at 3:34 am

    Rekan nAsruni..

    Aku bisa dikirimin via e-mail nggak, karena aku coba download nggak bisa..

    salam

    nAs:
    insya Allah nanti ya kang,
    btw antum tinggal dimana?

     
  11. Sellys

    20 September 2008 at 5:41 am

    Subhanalloh, Ceramah Ust. Ihsan bnr2 mberikan pencerahan bagi Saya dan Keluarga, Jazakalloh Khoir.. :)

    nAs:
    Alhamdulillah bu, salam buat keluarga :-)

     
  12. ervan

    29 September 2008 at 4:35 am

    Semoga Allah Melimpahkan RahmatNya Kepada Anda…

    nAs:
    amiin… terimakasih doanya pak.. :-D

     
  13. Abu Fakhri

    15 Oktober 2008 at 11:36 am

    Assalamualikum Wr Wb,
    Terima kasih sodaraku atas mp3 nya , mudah mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat.
    Kalo gak salah dulu di Televisi selain ustad Ihsan Tandjung acara ini juga pernah di hadiri ustad Ahzami Samiun zajuli dan Ustad Athian Ali Dai,apakah saudara Nasruni punya rekaman MP3 nya …? kalo ada bagaimana cara saya mendapatkannya.
    Terima Kasih

    Wasalam Wr Wb

    nAs:
    Wa’alaikumsalam,
    afwan pak, ana untuk yg di RCTI itu ana hanya punya yang ini, itupun dari teman ;-)

     
  14. fadil

    26 Oktober 2008 at 4:22 am

    akhi, ana izin copy linknya ya mau tak sebarin di millist

    nAs:
    tafadhol akh..

     
  15. johan

    30 Oktober 2008 at 11:39 am

    barokaLlah… uhibbuka fiLlah…
    semoga semakin banyak orang seperti Anda di dunia ini…

     
  16. maskhun

    25 Desember 2008 at 9:55 am

    trimakasih pak. banyak manfaatnya

     
  17. Ridwan Farid

    25 Desember 2008 at 10:36 pm

    Jazaakallahu khair. Semoga memberi pencerahan bagi kita semua. Minta ijin link ini saya infokan kepada teman-teman yg lain, bisa nggak?

     
  18. yuli

    2 Februari 2009 at 3:27 am

    im listening while workin.. thanks a lot

     
  19. Yani

    3 Februari 2009 at 3:06 am

    Jazakallah Pak Nasruni benar-benar menyentuh jiwa taujih Ustadz Ihsan Tanjung. ana nantikan Taujih dari Alm. Ustadz Rahmat Abdullah pak
    oya sama Taujih tentang persiapan walimah ya pak ada gak ya ? Jazakumullah khoiron katsir pak atas bantuannya

     
  20. bardjo

    11 Februari 2009 at 9:36 am

    Jazakumullah khoiron katsir, atas perkenan ngunduh. Semoga menjadikan ilmu yang bermanfaat….

     
  21. Fairuz

    2 Mei 2009 at 8:52 am

    terimakasih pisan.. hatur nuhun banget…

     
  22. Khairil Anwar

    7 Mei 2009 at 1:07 pm

    Assalamualaikum wr wb…
    Akhi syukron bgt ya ^^
    ana download nih….

     
  23. muhammad syarif

    9 Mei 2009 at 3:00 pm

    ust damang???

     
  24. bernadi

    18 Juni 2009 at 8:53 am

    terima kasih akhi

     
  25. Indro Pranoto

    18 Juni 2009 at 11:28 am

    Terimaksih,sudah upload seri ceramah ini.
    Semoga Allah SWT memberikan kebaikan yang melimpah.Amiin

     
  26. junaidi.m

    18 Juni 2009 at 4:37 pm

    mohon kirim ceramah ihsan tanjung jazakumulloh

     
  27. Ahmad

    25 Juni 2009 at 8:44 pm

    minta ceramah ustad ikhsan yang 10 pilar da’wah dong

    thanks

     
  28. adit

    29 Juli 2009 at 7:04 pm

    syukran jazakallah akhi… :)

     
  29. Dian

    5 November 2009 at 8:53 am

    Syukron pak… sangat bermanfaat. Semoga Allah membalas amal antum ini dengan balasan yang lebih baik dan berlipat ganda.

     
  30. Syam

    8 November 2009 at 10:48 am

    Asslmkm,
    makasih pak, insyaAllah sangat bermanfaat. Smg membawa berkah bagi qt semua.

     
  31. Rinaldy Sulaiman

    23 Februari 2010 at 4:54 pm

    assalamualaikum wr.wb.
    jazakallah khoirion katsiron ustad atas mp3 ceramahnya. semoga senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan dan keridhoan Allah SWT. Amiin.

     
  32. abu hilmi

    15 April 2010 at 10:36 am

    jazakallah akhi ana dah download ceramag ust ihsan tanjung. ceramah ustadz-ustadz yang lain ada gak ya, afwan?

     
  33. adit

    20 April 2010 at 8:23 pm

    syukran jazakallah khair mas :)

     
  34. ricar s nasution

    23 Mei 2010 at 6:38 am

    Ass. Terima kasih pak, atas sharingnya … dapat dilanjutkan sebagai bagian dari syi’ar islam … semoga selalu dalam lindungan Nya. Amien

     
  35. ruslan jalil

    4 Juni 2010 at 4:32 pm

    assalamualaikum semua salam persaudaraan tali silaturrahmi

     
  36. Anggun_utama

    3 November 2010 at 8:13 am

    Assalamualaikum ikhwah fillah,
    Jazakallah atas mp3 ceramahnya.
    Ane baru bulan lalu ikut tausyiah ust. Ihsan Tanjung, beliau ngisi di masjid perumahan ana.
    btw sekarang ust. meng-collect ceramah beliau dalam suatu CD, tema-temanya sbb:
    Judul2 ceramahnya sbb:

    01. Muqaddimah: Mewaspadai Fitnah Dajjal

    02. Fitnah Pertama: Pohon Khuldi

    03. Orang Beriman Niscaya Mengalami Fitnah

    04. Fitnah Kian Memuncak

    05. Periodisasi Ummat Islam Di Akhir Zaman

    06. Hidup Di Babak Penuh Fitnah

    07. Puncak Fitnah: Dajjal

    08. The Everlasting Battle Of Hearts And Minds

    09. NOS: Peradaban Tanpa Petunjuk Allah

    10. Jeratan Fitnah Sistem Dajjal

    11. Meraih Kebebasan Dengan Kalimat Tauhid

    insya Allah ceramah Ust berisi dan berdasar, sejak saat itu ane langsung menjadi Re-Seller nya..
    Jika ikhwah fillah berminat, segera hubungi ana
    Anggun Putra 0811.111.5921 dan 021.956.92.922
    jzk khoir

     
  37. un

    14 Februari 2011 at 9:16 pm

    Bismillah
    SAYYID QUTHUB MENCELA NABI MUSA AS DAN SAHABAT
    Diposkan oleh ikhwanbiasa.
    Sumber : http://almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=2039
    HAKEKAT YANG TERSEMBUNYI [1]
    Oleh
    Pustaka Al-Furqon Emirat
    Bagian Pertama dari Tiga Tulisan 1/3
    Segala puji bagi Allah. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarga, dan pada sahabat, serta siapa saja yang mengikuti petunjuknya. Amma ba’du.
    Wahai saudaraku yang mengidamkan jalan sunnah, serta keselamatan dari bid’ah-bid’ah dan hizbiyah (fanatik golongan). Inilah sebagian perkataan, yang dikumpulkan untuk anda, agar anda memiliki kejelasan sikap serta dasar ilmu dalam beragama, dan hendaklah anda berhati-hati agar tidak terjerumus dalam perang pemikiran yang penuh dengan dosa. Hal ini telah memenuhi buku-buku orang-orang yang dikenal sebagai para pemikir Islam, semisal Sayyid Quthub yang nisbatnya kepada kelompok Ikhwanul Muslimin.
    Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Baaz telah berfatwa 2 tahun sebelum beliau wafat, bahwa kelompok Ikhwanul Muslimin dan Jama’ah Tabligh termasuk 72 golongan yang binasa, [2] sebagaimana yang telah ada dalam hadits perpecahan umat [3].
    Para ulama sunnah yang terkemuka, sekelas Syaikh Ibnu Baaz, Syaikh Ibnu Utsaimin dan Syaikh Shalih Al-Fauzan telah memperingatkan dengan keras atas penyimpangan Sayyid Quthub [4]
    Berikut ini sebagian contoh kebid’ahan dan penyimpangan aqidah Sayyid Quthub, selamat mencermati:
    MENAFSIRKAN KALAMULLAH (AL-QUR’AN) DENGAN MUSIK, IRAMA DAN NYANYIAN NASYID
    [1]. Ketika menafsirkan surat An-Najm, Sayyid Quthub mengatakan : “Surat ini secara umum seperti not-not irama musik yang tinggi dan teratur, kata-katanya berirama, begitu juga kalimatnya berirama dan bersajak [5]
    [2]. Dia mengatakan tentang tafsir surat An-Naazi’aat : “Allah sampaikan firman-Nya dalam bentuk nada musik”, kemudian Sayyid Quthub mengatakan : “Kemudian tenanglah irama musiknya” [6]
    [3]. Dia berkomentar tentang surat Al-Aadiyah : “Irama musik di dalamnya terasa kuat menderum dan berdengung” [7]
    [4]. Dia berkata : “Sesungguhnya Daud adalah seorang raja dan nabi. Dia mengkhususkan sebagian waktunya untuk mengurusi kerajaan, menyelesaikan persengketaan antar manusia, serta mengkhususkan sebagian waktunya untuk menyendiri, beribadah, melantunkan nasyid-nasyid untuk mensucikan Allah di dalam mihrob” [8]
    DIA MENGATAKAN AL-QUR’AN ADALAH MAKHLUK [9]
    [1]. Ketika Sayyid Quthub berbicara tentang Al-Qur’an, dia mengatakan : “Mukjizat Al-Qur’an, seperti perkara segenap makhluk Allah, dan ini seperti penciptaan Allah atas segala sesuatu, serta karya manusia” [10]
    [2]. Setelah Sayyidh Quthub membicarakan huruf-huruf yang terputus didalam Al-Qur’an, dia berkomentar : “Akan tetapi, mereka tidak mampu mengarang kitab sebanding denganNya (Al-Qur’an), karena Al-Qur’an itu buatan Allah, bukan buatan manusia” [11]
    [3]. Sayyid Quthub mengomentari surat “Shood” : “Huruf shood ini, Allah bersumpah denganNya, sebagaimana Allah bersumpah dengan Al-Qur’an yang banyak mengingatkan. Huruf ini adalah ciptaanNya, Dia-lah yang menjadikannya ada, dan menjadikannya berbentuk suara dalam tenggorokan” [12]
    Syaikh Abdullah Ad-Duwaisy rahimahullah membantah perkataan diatas : “Perkataan Sayyid Quthub, bahwa huruf “shood” ini adalah ciptaan Allah, dan Dia-lah yang menjadikannya, adalah perkataan Jahmiyah dan Mu’tazilah yang berpendapat bahwa Al-Qur’an adalah makhluk. Adapun Ahlus Sunnah maka mereka berpendapat, bahwa Al-Qur’an adalah kalamullah (firman Allah) yang diturunkan (kepada Nabi-Nya), dan bukan makhluk” [13]
    [4]. Sayyid Quthub juga mengatakan : “Sesungguhnya Al-Qur’an merupakan suatu fenomena alam, seperti bumi dan langit” [14]
    CELAAN SAYYID QUTHUB TERHADAP NABI ALLAH, MUSA ALAIHIS SALAM
    Sayyid Quthub berkata :”Marilah kita ambil Musa sebagai perumpamaan seorang pemimpin yang cepat naik pitam ..[15]
    Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah mengomentari perkataan ini : “Penghinaan kepada seorang nabi adalah suatu kemurtadan” [16]
    CELAAN SAYYID QUTHUB TERHADAP PARA SAHABAT NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM
    [1]. Sayyid Quthub mengatakan :”Kami condong untuk menilai, bahwa kekhalifahan Ali Radhiyallahu ‘anhu adalah kelanjutan dari kekhalifahan dua syaikh sebelumnya [17]. Adapun masa Utsman Radhiyallahu ‘anhu adalah kekosongan diantara dua masa tersebut” [18]
    Kita mohon kepada Allah keselamatan
    [2]. Sayyid Quthub mengatakan : “Sesungguhnya Mu’awiyah bersama temannya, yaitu Amr (bin ‘Ash), bisa mengalahkan Ali, bukan karena mereka lebih mengetahui tentang rahasia jiwa dan lebih berpengalaman dalam menentukan tindakan bermanfaat pada waktu yang tepat, akan tetapi keduanya sangat cepat dalam menggunakan semua senjata/cara. Adapun Ali terikat dengan budi pekertinya ketika memilih sarana untuk berselisih. Ketika Mua’wiyah dan temannya menggunakan kedustaan, kecurangan, penipuan, kemunafikan suap serta money politik, maka Ali tdak sanggup untuk turun pada derajat serendah ini. Sehingga tidak perlu heran atas kesuksesan keduanya dan kegagalan Ali. Dan sungguh kegagalan (Ali) ini lebih mulia dari segala kesuksesan” [19]
    Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah berkomentar : “Ini perkataan yang jelek, ini perkataan yang jelek, celaan terhadap Mu’awiyah, celaan terhadap Amr bin Al-Ash”. Beliau juga berkomentar tentang buku-buku ini, dengan mengatakan :”Sudah sepantasnya, untuk dirobek-robek” [20]
    [3]. Pengkafiran Sayyid Quthub terhadap sahabat Abu Sofyan Radhiyallahu ‘anhu.
    Sayyid Quthb berkata : “Abu Sufyan adalah seorang lelaki yang bertemu dengan Islam dan kaum muslimin, lembaran-lembaran sejarah mencatatnya, dan dia tidak masuk Islam kecuali telah nampak kemenangan Islam, sehingga Islamnya sebatas bibir dan lisan, bukan keimanan hati dan perasaan. Dan Islam tidaklah masuk kedalam hati lelaki tersebut” [21]
    [Disalin dari Shuwar Minal Ghozwil Fikri, Inhirofaat Sayyid Quthub Al-Aqodiyah, diterjemahkan oleh Abu Zahroh Imam Wahyudi Lc, Majalah Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyyah Edisi 24 Th.V Dzulqo’dah 1427H, Penerbit Ma’had Ali Al-Irsyad As-Salafy Surabaya]
    _________
    Foote Note
    [1]. Dialihbashakan oleh Abu Zahroh Imam Wahyudi Lc dari bulletin terbitan Pustaka Al-Furqon Emirat, berjudul Shuwar Minal Ghozwil Fikri, Inhirofaat Sayyid Quthub Al-Aqodiyah
    [2]. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang sebelum kalian dari ahli kitab telah terpecah belah menjadi tujuh puluh dua golongan. Dan sesungguhnya agama ini (Islam) akan terpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan, tujuh puluh dua golongan di Neraka dan satu golongan di Surga ; yaitu Al-Jama’ah” [Hadits Riwayat Ahmad dan yang lain. Al-Hafidh menggolongkannya hadits Hasan], pent
    [3]. Kaset Syarh Al-Muntaqo
    [4]. Silahkan merujuk kepada kaset “Aqwalul Ulama Fi Muallafaat Sayyid Quthub (komentar para ulama terhadap karangan-karangan Sayyid Quthub ,-pent), terbitan tasjilat “Minhajus Sunnah” Swedi – Riyadh
    [5]. Fii Zhilalil Qur’an (6/3404) cet. Ke-25 th 1417H
    [6]. Idem (6/3811)
    [7]. Idem (6/3957)
    [8]. Idem (5/3018)
    [9]. Ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah sepakat akan kafirnya orang yang berpendapat bahwa Al-Qur’an itu makhluk. Jika para pengikut dan pengagum serta simpatisan Sayyid Quthb berpendapat bahwa Imam Ahmad mengkafirkan khalifah Al-Makmun yang menyatakan Al-Qur’an sebagai makhluk, padahal Imam Ahmad tidak mengkafirkannya karena dinilai masih bodoh dan memiliki syubhat, maka hendaklah mereka mengkafirkan idolanya terlebih dahulu, jika mereka merasa sebagai pengikut Ahlus Sunnah bukan pengikut ahlul bid’ah. Akan tetapi saya yakin, mereka tidak akan mengkafirkan idolanya, sehingga dari sinilah akan tersingkap topeng muka dua yang mereka kenakan, Alhamdulillah !!(pent).
    [10]. Fii Zhilalil Qur’an (1/38)
    [11]. Idem (5/2719)
    [12]. Idem (5/3006)
    [13]. Al-Maurid Az-Zullat Fit Tanbih Ala Akhthoi Tafsir Adh-Dhilaal, hal.180
    [14]. Fii Zhilalil Qur’an (4/2328)
    [15]. At-Tahwir Al-Fanny hal. 200
    [16]. Silahkan merujuk kepada kaset “Aqwalul Ulama Fi Muallafaat Sayyid Quthub” (komentar para ulama terhadap karangan-karangan Sayyid Quthub), terbitan tasjilat “Minhajus Sunnah” Swedi – Riyadh.
    [17]. Abu Bakar dan Umar Radhiyallahu anhuma (-pent)
    [18]. Al-Adalah Al-Ijtima’iyyah hal. 206
    [19]. Kutub wa Syakhsiyyat hal. 242
    [20]. Silahkan merujuk kepada kaset “Aqwalul Ulama Fi Muallafaat Sayyid Quthub” (komentar para ulama terhadap karangan-karangan Sayyid Quthub), terbitan tasjilat “Minhajus Sunnah” Swedi – Riyadh
    [21]. Majalah “Al-Muslimun” edisi 3 tahuun 1371H

     
  38. al fakir ilmu

    14 Februari 2011 at 9:27 pm

    Assalamu’alaykum,
    ana ingin bertanya apakah ustd Ihsan Tanjung sampai saat ini masih tidak bersedia mengisi majlis taklim yang jamaahnya para muslimah saja?. setau ana maunya jamaah ikhwan campur akhwat. padahal ikhwan dan akhwat tidak boleh dicampur, lihat saja contoh di masjid Nabawi Madinah, dimana akhwat haram bercampur dgn ikhwan. semoga ustdz mendapatkan pemahaman tentang hukum hijab.
    Coba diselidiki dahulu kebenaran dari buku tafsir Fi Dzilali Qur’an dari S.Quthub, karena sepengetahuan ana Sayid Quthub itu sufi, pemahamannya banyak menyimpang dari syariat Islam. wallahu musta’an.

     
  39. Ibnu Abdul Muis

    18 April 2011 at 11:23 am

    Assalamu’alaikum,

    Ijin share ya akhi. Barakallahu fiik.

     
  40. jailani

    19 Mei 2011 at 4:32 pm

    assalamualaykum wr.wb
    saya panitia isro mi’raj nabi Muhammad berniat mengundang bapak untuk mengisi tausiah di tempat kami, tapi kami kesulitan untuk menghubungi bapak, kalau bisa kami minta no hp yang bisa di hubungi’
    terima kasih banyak ditunggu balasannya secepatnya
    waalaykum salam wr.wb

     
  41. nAs

    19 Mei 2011 at 9:30 pm

     
  42. Akhmad Istihadi

    2 November 2011 at 1:20 pm

    Mohon download ceramah Ust. Ihsan Tanjung. terima kasih semoga bermanfaat

     
  43. Budzyt

    8 November 2012 at 3:06 pm

    assalamualaikum………
    maf,,,,,saya orang awam,ingin tau lebih dalam tentang Agama Islam,,,tapi saya takut salah langkah…..Mohon nasehatnya.
    Matursuwun………

     
  44. dewi utari

    30 Agustus 2013 at 1:30 pm

    Subhanallah jazakillaahi…saya bersyukur bisa ketemu blog ini, semoga Allah mencatat nya sebagai amal ibadah amiin

     
  45. dewi utari

    30 Agustus 2013 at 1:36 pm

    Subhanallaah sy bersyukur bs ketemu blog ini…semoga dicatat sebagai amal sholeh amiin

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: